get app
inews
Aa Read Next : Awas! Ini 5 Kue Berbahaya bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Apakah Perempuan Menopause Rentan Alami Kolesterol Tinggi? Ini Penjelasannya

Minggu, 20 Februari 2022 | 15:05 WIB
header img
Laki-laki atau perempuan sama-sama memiliki risiko tinggi mengidap penyakit jantung karena kadar kolesterol tinggi. (Foto ilustrasi: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Setiap wanita sudah tentu akan menghadapi dan melalui fase menopause di dalam kehidupannya. Namun, yang sering menjadi pertanyaan, apakah perempuan menopause rentan alami kolesterol tinggi? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita ketahui dulu masalah kolesterol.

Penumpukan kolesterol di dalam arteri jantung merupakan pemicu munculnya penyakit atau serangan jantung, yang  merupakan penyakit mematikan bagi manusia.

Pada dasarnya, laki-laki atau perempuan sama-sama memiliki risiko tinggi mengidap penyakit jantung karena kadar kolesterol tinggi. 

Namun, perempuan pada umumnya memiliki kadar kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang lebih tinggi daripada pria, lantaran perempuan punya hormon estrogen. Ketika hormon estrogen meningkat otomatis kolesterol HDL juga meningkat.

Kolesterol dikemas dan dibawa melalui aliran darah di tubuh sebagai partikel yang disebut lipoprotein. Lipoprotein ini terbagi dua jenis, ada yang tinggi disebut HDL atau bisa dikenal sebagai kolesterol baik yakni membawa kolesterol kembali ke hati untuk dipecah.

Kemudian, ada kolesterol LDL (low-density lipoprotein) yang juga dijuluki sebagai kolesterol jahat, membawa kolesterol ke tempat yang dibutuhkan dalam tubuh.

Ketika hormon estrogen meningkat otomatis kolesterol HDL juga meningkat, memuncak pada saat ovulasi. Di sisi lain, level LDL dan kolesterol total menurun saat kadar estrogen meningkat, mencapai titik terendah sebelum menstruasi.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut