get app
inews
Aa Read Next : Pangdam XIII/Merdeka Bersama Forkopimda Sulut Kunjungi Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang

Kodam XIII/Merdeka Gelar Salat Idulfitri 1445 Hijriah di Lapangan Makodam XIII/Merdeka

Rabu, 10 April 2024 | 12:44 WIB
header img
Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya bersama Prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam XIII/Merdeka beserta masyarakat sekitar melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Makodam (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Di hari raya Kemenangan Idulfitri 1445 Hijriah,  Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Candra Wijaya bersama Prajurit, PNS dan keluarga besar Kodam XIII/Merdeka beserta masyarakat sekitar melaksanakan Salat Idulfitri di Lapangan Makodam XIII/Merdeka, Jl. 14 Februari, Teling Atas, Kota Manado, Sulawesi Utara. Rabu (10/4/2024).  

Idul Fitri tahun ini Mengusung tema ”Menangkap Makna Bulan Ramadhan, Raih kemenangan Dengan Ketaatan”.  Bertindak selaku Imam sholat H Husnan Yoyatan, sedangkan Khatib H Abdul Rasyid Gandon.

Selama satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadhan, seluruh umat Islam di penjuru dunia saat ini merayakan hari kemenangan, hari yang fitrah.  Tentunya umat Islam yang melaksanakan puasa secara penuh, besar harapan mendapatkan amal yang melimpah serta kesucian hati dan jiwa setelah keluar di bulan Ramadhan ini.  

Dalam Khotbahnya H Abdul Rasyid Gandonmenyampaikan bahwa memaknai Idul Fitri sebagai hari nan suci, ibarat lembaran baru kertas putih. Maka kita jadikan sebagai titik balik atas rekam jejak di kehidupan kita, sebagai momentum untuk dapat melakukan muhasabah diri.

“Menjaga esensi idul fitri hari ini adalah upaya untuk mengembalikan kefitrahan kita yang diilustrasikan sebagai lembaran kertas putih, maka sekiranya selama ini banyak berbuat dosa saat inilah kita bertaubat,” kata , yang menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Sulut itu.

Ia juga menyampaikan bahwa kesucian ini harus terus dijaga, dengan menumbuhkan kesadaran dan komitmen untuk dapat mewujudkan pribadi muttaqin dengan mengoreksi diri masing-masing secara pribadi. 

Menutup khotbahnya, mantan Kakanwil Kemenag Sulut itu memimpin do’a keselamatan dan kemaslahatan umat Islam secara khusus dan kedamaian dunia secara umum. 
 

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut