get app
inews
Aa Read Next : Suhu Udara Makin Panas pada Siang Hari, Dianjurkan Pakai Pelembab Tabir Surya

Ini Solusi Cegah Kerontokan Rambut dan Kebotakan pada Pria

Senin, 25 Maret 2024 | 20:26 WIB
header img
Solusi kerontokan dan kebotakan pada pria. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Kerontokan rambut dan kebotakan jadi momok bagi kaum pria. Tingkat kerontokan dan kebotakan rambut dominan terjadi pada pria dibanding wanita.

Dikutip berbagai sumber pada Senin (25/3/2024), faktor berkaitan dengan rambut rontok pada pria, di antaranya Faktor Genetik, Stress, Masalah Kesehatan, Konsumsi Obat dan Ketidakseimbangan Hormon.

Faktor Genetik maksudnya adalah seorang pria  memiliki kedua orangtua atau riwayat keluarga dengan rambut rontok membuat seseorang memiliki risiko lebih tinggi mengalami kondisi yang sama.

Stres dan perasaan tertekan nyatanya bisa menjadi pemicu terjadinya rambut rontok pada pria. Pasalnya, mengalami kondisi emosional yang kacau, seperti stres, bisa memicu rambut gagal tumbuh dengan normal, sehingga menjadi lebih mudah rusak dan rontok.

Rambut rontok juga bisa menjadi tanda ada yang tidak beres dengan kondisi kesehatan tubuh. Kondisi ini bisa terjadi pada orang yang mengalami anemia, gangguan tiroid, hingga diet rendah protein dan iron. Pada beberapa kasus, rambut rontok juga bisa terjadi karena adanya infeksi. Konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu seseorang mengalami rambut rontok. Rambut rontok umumnya dipicu oleh konsumsi obat seperti anticoagulants serta obat-obatan yang digunakan dalam kemoterapi untuk penyakit kanker.

Rambut rontok pada pria juga bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon, yaitu hormon testosteron. Pada pria, hormon ini memiliki peran yang besar, termasuk mengatur pertumbuhan rambut dan bulu pada tubuh. Adanya ketidakseimbangan pada hormon ini diduga bisa menjadi salah satu pemicu pria mudah mengalami rambut rontok dan berujung pada kebotakan.

Nah, untuk mengatasi hal di atas terkait kerontokan dan kebotakan pada pria, ternyata solusinya tidak jauh-jauh.

Secara tradisional, manfaat minyak kemiri dipercaya dapat menyuburkan rambut. Kemiri atau Aleurites moluccanus dapat ditemukan di beberapa negara, seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Cina, dan India.

Dalam 100 gram minyak kemiri terkandung beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan, di antaranya: 80 miligram kalsium, 200 miligram fosfor, 430 miligram kalium, 2 miligram zat besi, 0,8 miligram zinc, 0,06 miligram dan vitamin B1 0,06 miligram vitamin B2.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut