get app
inews
Aa Read Next : Awas! Sakit Pinggang Samping Kiri Gejala Batu Ginjal

Dijamin Sembuh, Berikut Ini 5 Cara Alami untuk Atasi Sakit Pinggang

Minggu, 13 Februari 2022 | 09:35 WIB
header img
Cara alami untuk atasi sakit pinggang. (Foto ilustrasi: iStock)

JAKARTA, iNews.id - Cara alami untuk atasi sakit pinggang dapat dijadikan salah satu pilihan pengobatan alternatif. Bagi sebagian orang sakit pinggang memang dapat memberikan rasa yang tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas. 

Tapi perlu diketahui, sakit pinggang dapat disebabkan oleh cedera otot atau sendi di area pinggang, bisa akibat posisi tubuh yang salah, mengangkat benda berat, atau melakukan gerakan secara berulang. Bahkan, sakit punggung bawah ini juga dapat disebabkan oleh gangguan organ ginjal, infeksi, atau masalah tulang belakang.

Tentu pengobatan yang dilakukan harus sesuai dengan penyebab dari sakit pinggang itu sendiri agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk sakit pinggang karena mengangkat benda berat dapat diringankan dengan mengkonsumsi obat yang beredar di apotik bakan bisa disembuhkan secara alami.

Meski pengobatan secara alami membutuhkan waktu yang lama. Namun, tak ada salahnya mencobanya.

Lantas bagaimana cara mengatasi sakit pinggang secara alami? Nah, dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 5 cara alami untuk atasi sakit pinggang.

1. Perbaiki Postur Tubuh

Postur tubuh sangat mempengaruhi tulang pinggang, untuk menghindari atau meredakan sakit pinggang dapat melakukan cara memperbaiki postur tubuh dalam berkegiatan sehari-hari. Jika dalam melakukannya mengalami kesulitan, tidak ada salahnya untuk memakai alat bantu, perekat, pita elastis, atau alat bantu yang lain.

2. Kompres

Tidak asing lagi, salah satu cara mengatasi sakit pinggang adalah dengan mengompresnya. Umumnya, kompres panas digunakan untuk mengendurkan otot di bagian pinggang yang menegang. Sedangkan kompres dingin dibutuhkan untuk meredakan peradangan.

3. Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat menjadi cara efektif bagi pecandu rokok yang sedang merasakan sakit pinggang. Menurut sebuah penelitian, perokok aktif memiliki risiko empat kali lebih besar mengalami masalah tulang belakang. Hal itu disebabkan karena nikotin dalam rokok mengganggu kondisi tulang belakangmu.

4. Gunakan Handuk

Handuk sebagai obat sakit pinggang, benarkah? Para ahli, merekomendasikan untuk meletakkan handuk yang sudah digulung di bawah pinggang saat berbaring.

5. Kunyit

Rempah satu ini umum digunakan dalam pengobatan tradisional. Lantaran, kunyit mampu meredakan peradangan yang menyebabkan sakit pinggang.

Selain memanfaatkan kunyit, ada baiknya untuk mengkonsumsi makanan lain yang memenuhi kebutuhan gizimu. Contohnya, kekurangan magnesium membuat otot lemah dan mudah kram. Maka dari itu, konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak magnesium.

Jika diperlukan, kamu bisa mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral tertentu supaya kebutuhan tubuhmu tercukupi.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut