get app
inews
Aa Read Next : Tumbuhan Ini Atasi Asam Urat dan Kolesterol Tanpa Harus ke Dokter

5 Tips Sederhana Cegah Asam Urat

Minggu, 31 Oktober 2021 | 10:12 WIB
header img
Ilustrasi asam urat. (Foto: Istimewa)

ASAM urat adalah senyawa yang mengandung purin. Banyak orang menderita asam urat diakibatkan konsumsi makanan dengan kandungan purin yang berlebihan. Ada banyak makanan mengandung purin dengan kadar tinggi, seperti kacang kering, sarden, serta daging-daging tertentu.

Purin juga terbentuk kemudian dipecah di dalam tubuh. Tubuh biasanya menyaring asam urat melalui ginjal dan urine. Jika mengonsumsi terlalu banyak purin dalam makanan, atau bila tubuh tidak dapat membuang produk sampingan ini dengan cukup cepat, asam urat dapat menumpuk di dalam darah. 

Tingkat asam urat yang tinggi dikenal sebagai hiperurisemia. Hal ini dapat menyebabkan penyakit yang disebut asam urat yang menyebabkan nyeri sendi yang menumpuk kristal urat. Itu juga bisa membuat darah dan urine terlalu asam. 

Asam urat dapat terkumpul di tubuh karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya adalah diet, genetika, obesitas atau kelebihan berat badan, dan stres. Berikut cara alami menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, seperti dikutip dari Healthline. 

1. Hindari makanan manis

Sementara asam urat biasanya dikaitkan dengan makanan kaya protein, penelitian terbaru menunjukkan bahwa gula juga bisa menjadi penyebab potensial. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut