get app
inews
Aa Read Next : Ini Lokasi Layanan Kas Keliling Serambi 2024 di Sulawesi Utara

Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri 2024, KPw BI Sulut Siapkan Rp1,5 Triliun Uang Kartal

Senin, 18 Maret 2024 | 19:26 WIB
header img
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulut Andry Prasmuko (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Untuk memenuhi kebutuhan uang kartal di masyarakat pada periode Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyiapkan sebesar Rp1,5 triliun, meningkat sebesar 41,4 persen dibandingkan dengan realisasi pada tahun 2023 yaitu sebesar Rp1,1 triliun. 

Kepala KPW BI Sulut Andry Prasmuko mengatakan proyeksi kebutuhan uang ini mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi nasional 2024, mobilitas masyarakat selama periode RAFI, serta perluasan akseptasi pembayaran digital

Kegiatan pemenuhan kebutuhan uang Rupiah dan layanan kas kepada masyarakat pada periode RAFI 2024 ini kata Andry di awali dengan Kick Off SERAMBI yang merupakan akronim dari Semarak Rupiah RAMadan dan Berkah Idulfitri.

Kegiatan SERAMBI berlangsung dari tanggal 15 Maret s.d 5 April 2024 dengan rangkaian kegiatan yang terdiri dari kick-off SERAMBI yang telah dilaksanakan di tingkat nasional pada tanggal 15 Maret 2024 di Jakarta. 

"Melalui SERAMBI, Bank Indonesia menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan layanan penukaran uang kepada masyarakat pada periode yang telah ditetapkan Melalui program yang mengangkat tema "Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah", 
Bank Indonesia memperkuat layanan penukaran kepada masyarakat dengan berkolaborasi bersama perbankan, serta menyediakan lokasi layanan penukaran uang pada titik-titik keramaian dan jalur mudik," tutur Andry.

Kegiatan SERAMBI merupakan tradisi setiap tahun yang telah dilaksanakan Bank Indonesia bersama teman-teman perbankan di seluruh Indonesia. SERAMBI merupakan respon Bank Indonesia terhadap pemenuhan kebutuhan uang rupiah sebagaimana siklus peningkatan kebutuhan terhadap Rupiah dengan pecahan yang beragam pada momen tahunan RRAFI 2024.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut