get app
inews
Aa Read Next : Alat Seismik Rekam Kegempaan Gunung Ruang Rusak

Ini 7 Tips Agar Badan Tetap Bugar Selama di Bulan Ramadhan

Kamis, 07 Maret 2024 | 07:37 WIB
header img
Tips badan bugar selama bulan ramadhan. Foto/Freepik.com/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Bulan Suci Ramadhan mulai akan dijalankan Umat Muslim pada 11 Maret 2024 mendatang. Berkaitan dengan itu, Tips agar badan tetap bugar selama di Bulan Ramadhan aakan diulas dalam artikel ini.

Bulan Ramadhan atau bulan puasa akan dijalankan selama 30 hari. Tentu di bulan ramadhan terjadi perubahan pola hidup dimulai dari pola makan, pola tidur hingga kegiatan setiap hari.

Di bulan puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan cairan selama beberapa jam. Oleh karena itu, penting mengatur gaya hidup agar tidak lemas, lesu, dan tetap fit selama bulan puasa. Penting juga mengonsumsi makanan yang tepat saat berbuka puasa dan sahur untuk mempersiapkan puasa di hari berikutnya.

 

Ini 7 tips agar badan tetap bugar selama di Bulan Ramadhan.

 

  1. Selektif Memilih Makanan


Ilustrasi/Istimewa

Tips agar badan tetap bugar selama di bulan ramadhan yang pertama adalah selektif dalam memilih makanan. Saat puasa, baiknya untuk mengurangi makan makanan berminyak.

Sebab, makanan berminyak akan meningkatkan risiko kenaikan kolesterol dalam tubuh dan penumpukkan. Pilih minyak sehat untuk menggoreng, seperti minyak zaitun, minyak kanola, atau biji bunga matahari. Hindari minyak kelapa dan minyak kelapa sawit yang tinggi lemak jenuh.

 

  1. Cukup Tidur


Ilustrasi/Istimewa

Agar badan sehat dan bugar selama Bulan Ramadhan, seseorang harus mengatur waktu tidur yang baik.  Jika pagi harus bangun menyiapkan makan sahur, pada malam hari tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting.

Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya, misalnya sesudah salat tarawih. Kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga menghambat aktivitas Anda nantinya

 

  1. Olahraga Teratur


Ilustrasi/Istimewa

Olahraga secara teratur dapat membuat badan bugar dalam menjalani Ibadah Puasa.  Namun, hindari berolahraga secara intens saat terik matahari agar tidak dehidrasi atau kelelahan. Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, joging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

 

  1. Makanan Bernutrisi saat Sahur


ilustrasi/Unsplash

Makanan bernutrisi saat sahur harus diperhatikan karena akan berdampak positif pada kondisi tubuh dalam menjalani puasa. Pastikan untuk tidak melewatkan sahur.

 

  1. Hindari Stress


Ilustrasi/Freepik

Stress dapat berpengaruh pada kondisi tubuh anda ketika sedang berpuasa. Hindari hal-hal atau sesuatu yang bisa menyebabkan stress. Berusaha menjaga pikiran agar selalu positif saja. Jalani kegiatan yang menggembirakan untuk mempertahankan kesehatan selama ramadan.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut