get app
inews
Aa Read Next : Penuhi Kebutuhan Ramadhan dan Idulfitri 2024, KPw BI Sulut Siapkan Rp1,5 Triliun Uang Kartal

KPw BI Sulut dan Pedagang Pasar Tradisional Kota Manado Sepakat Jaga Stabilitas Harga

Jum'at, 26 Januari 2024 | 21:47 WIB
header img
KPw BI Sulut dan TPID menghadiri dan memberikan dukungan pada acara Deklarasi Kepengurusan Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Tradisional (P4T) Kota Manado (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Melanjutkan komitmen untuk menjaga stabilitas harga komoditas dengan melibatkan kolaborasi bersama pedagang, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menghadiri dan memberikan dukungan pada acara Deklarasi Kepengurusan Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Tradisional (P4T) Kota Manado Pada Senin (22/1/2024).

P4T Kota Manado merupakan sebuah wadah himpunan yang dibentuk oleh, dari, dan untuk pedagang pasar tradisional Kota Manado dalam rangka meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan antar sesama pedagang pasar yang beroperasi di Kota Manado. 

Plh. Kepala Perwakilan BI Sulut, Renold Asri mengatakan dengan terbentuknya perkumpulan pedagang ini, BI Sulut berharap hal ini akan memperlancar kolaborasi aktif dan kemitraan antara TPID dengan pedagang tradisional dalam upaya debottlenecking kelancaran distribusi pangan yang seringkali memengaruhi kestabilan harga di Kota Manado. 

"Kami juga berharap agar pedagang pasar menjadi mitra strategis Bank Indonesia dalam menjaga kelancaran sistem pembayaran di area kawasan perbelanjaan tradisional Sulut melalui perluasan penggunaan QRIS dan komunikasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta menjadi partner Bank Indonesia dalam mendukung perkembangan ekonomi Sulut," kata Renold Asri, Jumat (26/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bank Indonesia secara simbolis memberikarn rompi bertuliskan "Pedagang Garda inflasi Sulawesi Utara" kepada seluruh pengurus terpilih sebagai wujud kemitraan Bank Indonesia dengan P4T dalam mendukung stabilitas harga serta program pengendalian inflasi melalui Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 

"Melalu sinergi antara Pemerintah Daerah dengan Bank Indonesia yang tergabung dalam TPID serta pedagang tradisional, diharapkan dapat mewujudkan kondisi inflasi yang stabil yang mampu mensejahterakan petani, produsen, pedagang, maupun seluruh masyarakat Sulawesi Utara," pungkasnya.

Deklarasi Kepengurusan P4T Kota Manado yang diselenggarakan di Pasar Bersehati Kota Manado itu dihadiri oleh anggota DPD RI Sulut Djaffar Alkatiri, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Daniel Mawengkang, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Manado Atto Bulo, Deputi KPw BI Sulut Fernando R. Butarbutar.

Turut hadir juga mewakii Polda Sulut Kompol Sainuddin dan Kompol Rommel, Direktur Operasional dari PD Pasar Bersehati Kota Manado Irving Biki, dan Ketua Perkumpulan Persaudaraan Pedagang Pasar Manado terpilih, Risno Tadulo.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut