get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Anniversary yang ke-6, DAW bersama IMHG Gelar Bikers Camp

Berkendara di Musim Hujan, Cek Dulu 7 Bagian Ini dan Pastikan Motor Honda Anda Siap Digunakan

Kamis, 18 Januari 2024 | 15:48 WIB
header img
Periksa 7 Komponen Ini di Motormu Sebelum Menerjang Hujan (Foto: Istimewa)

3. Roda dan Bearing

Pastikan ketebalan kembangan ban roda masih dalam batas aman. Untuk mengetahuinya lakukan pemeriksaan melalui Treat Wear Indicator (TWI). Jangan paksakan berkendara 
dengan kondisi ban roda yang sudah gundul karena daya cengkram ke aspal sudah berkurang sementara saat hujan kondisi jalan akan lebih licin. Serta pastikan bearing dalam kondisi baik. Bearing yang sudah aus akan membuat roda oblak atau goyang. Kondisi ini akan sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan berkendara serta berpotensi membuat motor sulit dikendalikan.

4. Filter Udara

Filter yang kotor dan basah dapat menghambat udara yang masuk ke ruang bakar, padahal udara sangat diperlukan selama proses pembakaran. Kondisi filter udara yang kotor atau basah akan membuat performa motor akan berkurang dan tarikan motor jadi lebih berat. Cek kondisi filter udara, dan gantilah sesuai dengan jadwal penggantian berkala.

5. Rantai Roda

Periksa tingkat ketegangan rantai sesuai petunjuk dalam buku panduan pemilik sepeda motor. Jangan lupa lumasi rantai motor lebih sering karena air hujan yang bersifat asam bisa membuat rantai berkarat.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut