get app
inews
Aa Read Next : AP1 Layani 460 Reaktivasi dan Pembukaan Rute Baru Sepanjang Tahun 2023

Pergerakan Penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado Naik 21 Persen

Kamis, 21 Desember 2023 | 17:41 WIB
header img
Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado (Foto iNewsManado, Subhan)

MANADO, iNewsmanado.com - Selama periode Januari hingga November 2023 Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado telah melayani sebanyak 1 juta Lima ratusan penumpang. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi kenaikan  pergerakan penumpang sebesar 21 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1 juta  penumpang. 

Sedangkan untuk wisatawan asing yang masuk ke Sulawesi Utara melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mengalami kenaikan sebanyak 399 persen atau sebesar  168 ribu wisman. 

General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Maya Damayanti  mengatakan diperkirakan selama periode  Posko Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 akan terjadi peningkatan pergerakan penumpang sebanyak 16 persen atau sebesar 83 ribu penumpang dibandingkan periode posko tahun lalu

"Sedangkan pergerakan pesawat naik sebesar 8 persen atau  754 dan  kargo diprediksi masih mengalami penurunan hingga mencapai minus 20 persen atau 627  ton," kata Maya, Kamis (21/12/2023).

Diketahui, selain monitoring angkutan Natal tahun 2023 dan Tahun baru 2024 juga untuk memastikan keamanan, keselamatan, kelancaran serta  kesiapan fasilitas, bandara Internasional Sam Ratulangi Manado membuka Posko Nataru 2023.

Posko yang bertempat di Solution Room Lobby Terminal Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ini akan berlangsung selama 16 hari mulai tanggal 19 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024.

Posko ini melibatkan 191 personel yang terbagi dalam tiga shift. Adapun personel posko terdiri dari pihak internal Angkasa Pura I dan pihak eksternal seperti Otoritas Bandara, personel dari TNI POLRI, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan BMKG.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut