get app
inews
Aa Read Next : Kakanwil Kemenkumham Sulut Ikuti Perayaan Natal di Lapas Manado

Kanwil Kemenkumham Sulut Gelar Peringatan Hari HAM Sedunia Ke 75

Kamis, 14 Desember 2023 | 07:52 WIB
header img
Kakanwil Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun menyerahkan piagam penghargaan kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokambey (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsmanado.com - Memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) ke-75, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Provinsi Sulut.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan piagam Kabupaten/Kota Peduli HAM tahun 2023 serta Penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Pelayanan Hukum dan HAM antara Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut dengan Pemerintah Provinsi Sulut dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulut.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulut, Ronald Lumbuun saat membacakan Laporan Kegiatannya menyampaikan bahwa sesuai amanat Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang HAM bahwa penghormatan, pemenuhan, perlindungan, pemajuan, dan penegakan Hak Asasi Manusia menjadi kewajiban dan tanggung jawab pemerintah. 

"Kanwil Kemenkumham Sulut berdasarkan amanah undang-undang tersebut bertugas untuk mendorong pemerintah daerah Kabupaten/Kota untuk peduli terhadap HAM, mendorong pelaksanaan pelaporan Capaian Aksi HAM, mendorong pelaksanaan pelayanan publik berbasis HAM dan mendorong penyelesaian permasalahan HAM yang terjadi pada masyarakat Sulut," Kata Ronald Lumbuun, Rabu (13/12/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Steve Kepel dan Walikota/Bupati se-Sulut. Pada kegiatan ini, dikukuhkan Gugus Tugas Daerah Bisnis dan HAM Provinsi Sulut yang diketuai oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey

Pengukuhan ini dilakukan secara langsung oleh Gubernur Sulut.  Selanjutnya, Menteri Hukum dan HAM RI melalui Kakanwil Kemenkumham Sulut menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Sulut yang telah membina dan membangun sebagian besar Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023 dan kepada Kanwil Kemenkumham Sulut yang telah mendorong sebagian besar Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023. 

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut