get app
inews
Aa Read Next : Satgas Covid-19: Indonesia Mulai Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

From Zero to Hero, Kisah Mariani Montu Membangun Zabay Colection Dari Nol

Selasa, 05 Desember 2023 | 01:57 WIB
header img
Mariani Montu, Pemilik Zabay Collection (Foto iNewsManado/Subhan)

Zabay Collection seakan jadi titik balik dari UMKM yang sudah hampir 12 tahun digelutinya. Dengan terus mengembangkan kreativitas dan inovasi, Zabay Collection memperoleh beberapa penghargaan dari Gubernur Sulut, Wakil Presiden RI, Menteri Pemberdayaan Perempuan juga dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Dari hobinya menggambar yang hanya dipelajari secara otodidak, dia menggali ikon daerah Sulawesi Utara untuk dituangkan menjadi motif batik zabay collection. Tak dinyana, itulah yang sangat mendongkrak pendapatannya.

"Saya menggali ikon daerah apa saja, nah setelah itu saya tunagkan menjadi motif batik, dan ternyata itu sangat diminati, bukan hanya kain batik saja, saya langsung masuk ke fashion mulai dari baju perempuan dan laki-laki semuanya ada. Semua ikon daerah saya tuangkan di produk saya, semua motif dari semua kabupaten kota saya angkat," tutur Mariani.


Mariani Montu saat menjelaskan produk zabay collection kepada calon pembeli dari Eropa (Foto : Koleksi Pribadi Mariani Montu)

 

Hebatnya lagi dari kain batik buatannya tidak menghasilkan sampah. Dari kain perca yang tersisa disulapnya menjadi tas hingga kalung. Perlahan tenaga kerjanya mulai bertambah lagi, dengan memberdayakan tetangga sekitar, dia sudah memiliki 15 tenaga kerja.

Zabay Collection mendapat penghargaan dari Kemenparekraf sebagai salah satu finalis untuk beberapa program ekonomi kreatif. itu membuat produknya jadi makin terkenal di beberapa daerah di antaranya Makasar, Jakarta, Gorontalo, Bali dan beberapa daerah lainnya.

"Jadi saat ini kami turut membangun ekonomi kreatif yang ada di Sulawesi Utara, dan itu turut membantu juga program pemerintah," ujarnya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut