get app
inews
Aa Read Next : Satgas Covid-19: Indonesia Mulai Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

Susu Sapi Ampuh Obati Covid-19? Berikut Penjelasannya

Rabu, 09 Maret 2022 | 09:35 WIB
header img
Ilustrasi Susu Sapi. (Foto: Unsplash)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga saat ini membuat para ahli di seluruh dunia terus berusaha keras melakukan berbagai penelitian untuk dapat mengatasi permasalahan global tersebut. 

Para peneliti masih terus mencari berbagai metode untuk melemahkan bahkan membunuh virus Covid-19. Memang, saat ini baru Pfizer yang mengumumkan telah membuat obat khusus untuk Covid-19.

Tapi, sebuah penelitian menyebut susu sapi mampu menghambat virus Covid-19 bereplikasi di dalam tubuh. Pasalnya, susu sapi mengandung protein laktoferin yang mampu melemahkan virus Covid-19, dan lazim ditemukan dalam susu sebagian besar mamalia.

Seperti dilansir dari Times of India, para peneliti dari Universitas Michigan menemukan bahwa laktoferin sapi, memiliki karakteristik bioaktif terhadap banyak mikroba, virus, dan patogen lainnya. Ini juga telah ditemukan untuk menghambat infeksi SARS-CoV-2 dalam kondisi eksperimental dengan menghalangi kemampuan virus untuk memasuki sel target, serta dengan mendukung mekanisme pertahanan antivirus sel.

"Laktoferin sapi telah menunjukkan aktivitas antivirus dalam uji klinis manusia," kata pemimpin peneliti Jonathan Sexton, dari Departemen Penyakit Dalam universitas.

Dia melanjutkan, laktoferin sapi yang diberikan secara oral telah terbukti meningkatkan keparahan infeksi virus, termasuk rotavirus dan norovirus. Mengingat kemanjuran dan keamanan antivirus yang luas, efek samping yang minimal, dan ketersediaan komersial laktoferin sapi.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut