get app
inews
Aa Read Next : 2 Cara Membuat Tulisan Tebal atau Bold di WhatsApp

Tentang Danau Linow: Lokasi, Harga Tiket dan Daya Tarik

Senin, 09 Oktober 2023 | 18:25 WIB
header img
Danau Linow. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Danau Linow adalah salah satu lokasi wisata yang ada di Sulawesi Utara. Danau Linow merupakan wisata yang ramai dikunjungi khususnya dihari libur. 

Pun, wisatawan lokal dan mancanegara tak henti mengunjungi Danau Linow disetiap waktu. Keindahan danau Linow yang tiada duanya, menjadikan tempat ini layak dikunjungi. 

Lokasi danau Linow berada di Kelurahan Lahendong, Kecamatan Tomohon Selatan, Kota Tomohon, provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Jarak dari Manado sekira 30 Kilometer dan memakan waktu tempuh sekira 1,5 jam. 

Danau Linow merupakan danau vulkanik. Beberapa lubang hidrotermal memuntahkan gas panas dari tepi dan kedalaman danau. Komposisi kimiawi yang berubah dari danau berarti warnanya sering berubah warna, mulai dari merah, hijau tua, dan bahkan biru gelap.

Danau ini berbatasan di sisi-sisinya oleh Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Danau ini memiliki bau seperti telur busuk dikarenakan oleh jumlah belerang yang sangat besar di danau tersebut. Kata "Linouw" berasal dari bahasa Minahasa yang berarti "tempat berkumpulnya air".

Danau Linow buka setiap hari sehingga Anda bisa berkunjung ke sana kapan saja. Tanpa perlu menunggu weekend atau hari libur. Gerbang masuk danau ini buka mulai pukul 11.00 WIB dan tutup jam 19.00 WIB. Harga tiket masuk Rp35.000 per orang dan juga terdapat lokasi parkir yang representatif. 

Namun, jika merasa harga tersebut terlalu mahal, pengunjung bisa turun ke kedai di bagian bawah. Dengan tujuan untuk menikmati keindahan Danau Linow dari tepian. Di kedai ini Anda hanya akan dikenai tarif Rp5.000 saja.

Perlu diketahui kalau harga tiket masuk melalui pintu utama maupun di kedai bawah bisa berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, Anda harus membawa budget lebih untuk berjaga-jaga bila ternyata harga tiket sudah naik.

Berbeda dengan tempat lain, telaga Danau Linow mempunyai satu keunikan tersendiri. Yang mana air danaunya bisa berubah warna sendiri menjadi biru, hijau, dan kuning kecokelatan.

Perubahan warna air tersebut disebabkan oleh adanya kandungan zat belerang yang ada di dasar danau. Belerang sendiri merupakan zat yang berasal dari sisa letusan gunung dan pantulan cahaya matahari.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut