get app
inews
Aa Read Next : PT Pegadaian Berhasil Menyabet Penghargaan Bergengsi di Ajang BCOMSS 2024

Marak Mafia Subsidi Listrik, Kenali dan Begini Cara Memberantas

Minggu, 23 Januari 2022 | 15:50 WIB
header img
Ilustrasi pemeliharaan jaringan oleh PLN. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Kementerian BUMN mengungkap mafia subsidi listrik di Indonesia.

Pun, cara memberantas mafia subsidi listrik yang keberadaannya diungkap Menteri BUMN Erick Thohir.

Keberadaan mafia ini membuat subsidi listrik tidak tepat sasaran. Namun tidak jelas siapa mafia listrik yang disebutkan Erick tersebut.

Direktur Eksekutif Energy Watch Mamit Setiawan mengatakan, ada 2 kemungkinan pihak yang dimaksud Erick Thohir perihal mafia subsidi listrik.

"Apakah mafia ini para trader batu bara atau konsumen yang menggunakan tidak tepat sasaran? Kalau konsumen, saya kira tidak terlalu sulit memberantasnya," kata Mamit kepada MNC Portal Indonesia, Jakarta, Minggu (23/1/2022).

Mamit menambahkan, PLN mempunyai sistem atau perwakilan sampai ke tingkat kecamatan, sehingga harusnya bisa lebih mudah dalam melakukan kontrol terhadap pengguna listrik.

"Misalnya orang-orang yang pasang listrik subsidi tetapi ini untuk kontrakan mereka yang berjejer yang dicabut. Disuruh pasang lagi dengan listrik non subsidi," katanya.

Namun, jika yang dimaksud mafia adalah trader batu bara, perlu usaha lebih besar untuk memberantasnya. Menurut Mamit, regulasi kewajiban mereka dalam mensuplai batu bara ke PLN tidak diatur, hanya dengan mekanisme kontrak saja, karena pemerintah hanya mengatur kepada produsen saja.

Oleh karena itu, lanjutnya, kebijakan pemerintah yang mewajibkan PLN membeli kepada produsen batu bara, bukan kepada trader, lebih baik.

"Ini akan memotong rantai dan biaya juga. Sama seperti di industri mid stream gas bumi. Saat ini tidak ada trader yang hanya bermodal kertas kouta. Tapi mereka harus bangun infrastruktur juga," kata Mamit.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut