get app
inews
Aa Read Next : Ingin Tidur Nyenyak? Ini 7 Tipsnya

Tidur Nyenyak Ternyata Bisa Bantu Cegah Gagal Jantung Loh

Minggu, 23 Januari 2022 | 11:02 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Kualitas tidur yang baik berdampak sangat besar untuk kesehatan, diantaranya dapat menjadikan tubuh lebih berenergi dan merasa fit. Ada juga sebuah penelitian yang menunjukkan jika tidur nyenyak ternyata bisa membantu mencegah gagal jantung.

Para peneliti menemukan bahwa lebih dari 400.000 orang dewasa, mereka yang memiliki pola tidur paling sehat, 42% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami gagal jantung selama 10 tahun, dibandingkan orang dengan kebiasaan kurang sehat.

Dilansir dari WebMD, orang-orang yang tidur sehat melaporkan lima hal, yakni tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam, tidak mendengkur, jarang mengalami kesulitan untuk tertidur, tidak ada pusing di siang hari, dan menjadi orang yang pagi.

Namun peneliti senior Dr. Lu Qi, seorang profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Tropis Universitas Tulane, di New Orleans mengatakan temuan tersebut tidak membuktikan sebab dan akibat. Penelitian ini menemukan bahwa orang dengan insomnia memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi.

Hal yang sama berlaku untuk orang dengan sleep apnea atau gangguan kronis saat bernapas berhenti berulang kali sepanjang malam. Faktanya, banyak orang yang tidak sehat dalam studi baru ini mungkin menderita sleep apnea.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut