get app
inews
Aa Read Next : 5 Alasan Pentingnya Tidur Menggunakan Bantal

Ingin Tidur Nyenyak? Ini 7 Tipsnya

Sabtu, 26 Maret 2022 | 18:55 WIB
header img
Posisi tidur juga jadi jaminan anda bisa nyenyak. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Tidur nyenyak dirindukan semua orang. Bagaimana jika kesulitan untuk tidur nyenyak dimalam hari?

Melansir PinkVilla, Sabtu (26/3/2022) jumlah tidur yang dibutuhkan setiap orang tergantung pada beberapa faktor termasuk usia. Bayi membutuhkan sekira 16 jam tidur setiap hari, sedangkan remaja membutuhkan sembilan jam dan jumlah yang disarankan untuk orang dewasa adalah tujuh hingga delapan jam tidur tanpa gangguan.

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan rasa lelahnamun juga dapat mengganggu perhatian, konsentrasi, penalaran, pemecahan masalah dan kemampuan pengambilan keputusan.Untuk itu, simak tujuh tips untuk mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

 

1. Jadikan tidur malam yang nyenyak sebagai prioritas. Pastikan tujuh jam untuk tidur tanpa gangguan setiap hari.

 

2. Perbaiki jadwal tidur dan bangun yang teratur dengan mematuhi jadwal yang telah dibuat. Lakukan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari bahkan di akhir pekan (dengan pengecualian adanya kegiatan). Ini membantu ritme sirkadian 'jam biologis' bekerja secara efisien.

 

3. Menulis buku harian menjadi salah satu langkah untuk mendapatkan tidur yang lebih baik. Stres dan pikiran cemas adalah kontributor utama malam tanpa tidur. Ketika merasa terlalu khawatir, tuliskan pikiran-pikiran yang berkecamuk dalam buku harian, ini dapat sangat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

 

4. Hindari elektronik sebelum tidur.  Pasalnya cahaya biru yang dipancarkan dari layar LED menghambat produksi Melatonin dalam tubuh dan menipu otak dengan berpikir bahwa ini masih siang meskipun malam hari.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut