get app
inews
Aa Read Next : Dahlan Iskan Dipanggil KPK Terkait Kasus Korupsi LNG Pertamina

Kasus Suap Perkara, Hakim PN Surabaya Jadi Tersangka KPK

Jum'at, 21 Januari 2022 | 07:05 WIB
header img
Hakim Itong ketika tiba di KPK. (Foto: Arie Dwi Satrio/MNC Media)

JAKARTA, iNews.id – Pengadilan Negeri (PN) Surabaya diterpa dugaan suap.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan tiga orang sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan perkara yang sedang berproses di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur. Ketiga tersangka itu adalah Hakim PN Surabaya, Itong Isnaini Hidayat (IIH), Kemudian Panitera Pengganti PN Surabaya, Hamdan (HD), serta Pengacara atau Kuasa PT Soyu Giri Primedika (PT SGP), Hendro Kasiono (HK). Itong dan Hamdan ditetapkan sebagai tersangka penerima suap. Sementara Hendro Kasiono ditetapkan sebagai tersangka pemberi suap.

"KPK meningkatkan status perkara ini ke tahap penyidikan dengan mengumumkan status tersangka sebagai berikut. Sebagai pemberi HK Sebagai penerima, HD dan IIH," kata Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango saat konpers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (20/1/2022).

Penetapan tersangka ini merupakan buntut dari operasi tangkap tangan (OTT) KPK di Surabaya, Jawa Timur. Dalam OTT tersebut, KPK mengamankan lima orang.

Kelima orang yang diamankan tersebut adalah Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Itong Isnaini Hidayat; Panitera Pengganti, Hamdan; Pengacara Hendro Kasiono, serta pihak swasta. Kelima orang tersebut sempat menjalani pemeriksaan awal di Surabaya.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut