get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Cek Selengkapnya

Rabu, 23 Agustus 2023 | 14:45 WIB
header img
Manfaat tomat untuk kesehatan. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata kurang disadari sebagian orang. Pada dasarnya, penggunaan tomat hanya dijadikan bumbu dapur di Indonesia. 

Tomat atau rangam (Solanum lycopersicum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. 

Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/). Salah satu produk buatan hasil olahan tomat yang digemari, yaitu saus tomat. 

Tomat bukan hanya lezat dalam hidangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah tomat ini kaya akan nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. 

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Tomat juga memiliki kandungan antioksidan lain yakni polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Di samping itu, ternyata buah tomat rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. 

 

Di bawah ini sejumlah manfaat tomat untuk kesehatan dirangkum iNewsManado.com, Rabu (23/8/2023). 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut