get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Manfaat Tomat untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Cek Selengkapnya

Rabu, 23 Agustus 2023 | 14:45 WIB
header img
Manfaat tomat untuk kesehatan. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata kurang disadari sebagian orang. Pada dasarnya, penggunaan tomat hanya dijadikan bumbu dapur di Indonesia. 

Tomat atau rangam (Solanum lycopersicum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. 

Kata "tomat" berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: /tɔ.matɬ/). Salah satu produk buatan hasil olahan tomat yang digemari, yaitu saus tomat. 

Tomat bukan hanya lezat dalam hidangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa. Buah tomat ini kaya akan nutrisi penting yang dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. 

Tomat mengandung antioksidan berupa likopen yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Tomat juga memiliki kandungan antioksidan lain yakni polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Di samping itu, ternyata buah tomat rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, dan kalium. 

 

Di bawah ini sejumlah manfaat tomat untuk kesehatan dirangkum iNewsManado.com, Rabu (23/8/2023). 

1. Atur Tekanan Darah

Manfaat tomat untuk kesehatan yang pertama ternyata bisa atur tekanan darah. 

Kandungan kalium dalam tomat dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Kalium membantu mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah dan menurunkan risiko hipertensi.

 

2. Sehatkan jantung

Manfaat tomat untuk kesehatan berikutnya adalah menyehatkan jantung. Tomat mengandung likopen yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Likopen adalah antioksidan yang membantu melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas.

 

3. Mencegah kanker

Likopen dalam tomat terkait dengan pengurangan risiko kanker, terutama kanker prostat, paru-paru, dan perut. Antioksidan dalam tomat membantu melawan sel-sel kanker dan mencegah pertumbuhannya.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Tomat mengandung vitamin A, vitamin C, dan likopen yang baik untuk kesehatan mata. Nutrisi ini membantu mencegah degenerasi makula dan gangguan penglihatan lainnya.

 

5. Menjaga berat badan yang sehat

Tomat rendah kalori dan kaya serat, yang membantu menjaga rasa kenyang lebih lama. Hal ini dapat membantu mengontrol nafsu makan, menjaga berat badan yang sehat, dan mendukung program penurunan berat badan.

 

6. Menjaga kesehatan tulang

Tomat mengandung vitamin K dan kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang yang baik. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang, sementara vitamin K mendukung penyerapan kalsium yang optimal.

 

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin C dalam tomat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Mengonsumsi tomat secara teratur dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit.

 

8. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan vitamin C dan likopen dalam tomat memberikan manfaat anti-penuaan pada kulit. Nutrisi ini membantu melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari dan memperbaiki kerusakan kulit.

9. Meningkatkan pencernaan

Tomat kaya akan serat, yang membantu memperbaiki pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga mendukung pertumbuhan bakteri sehat dalam saluran pencernaan.

 

10. Menjaga kesehatan otak

Antioksidan dalam tomat dapat melindungi otak dari kerusakan oksidatif dan membantu menjaga kognisi yang baik. Nutrisi tomat dapat membantu mencegah penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

 

11. Menjaga kesehatan ginjal

Tomat memiliki sifat diuretik alami yang dapat membantu membersihkan ginjal dan mengurangi risiko batu ginjal.

Itulah manfaat tomat untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut