get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ini Bisa Perbaiki Kadar Gula Penderita Diabetes

Ini Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan

Senin, 05 Juni 2023 | 21:29 WIB
header img
Sederet manfaat kopi bagi kesehatan (Foto: Istimewa)

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kopi 1-2 cangkir per hari diketahui berkhasiat dalam menjaga kesehatan jantung. Mengutip dari situs Harvard School of Public Health, orang yang mengonsumsi empat cangkir kopi atau lebih per hari berpotensi menurunkan risiko stroke daripada orang yang tidak minum kopi sama sekali.

6. Menjaga Berat Badan Ideal

Selain menjaga kesehatan organ tubuh, rupanya manfaat kopi bagi tubuh juga dapat mempertahankan berat badan ideal, bahkan ada kemungkinan kopi bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini akan Anda dapatkan apabila mengonsumsi kopi tanpa gula supaya rendah kalori.

Kandungan kafein dalam kopi diketahui juga mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa mengonsumsi kopi dapat menjaga berat badan ideal.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat kopi untuk kesehatan yang tak disangka-sangka adalah dapat menurunkan risiko kanker. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kopi dapat mengurangi risiko kanker hati. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi dapat mengganggu perkembangan kanker, mulai dari permulaan sel hingga kematiannya.

American Cancer Society juga menyebutkan bahwa terdapat beberapa penelitian yang membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi pada kopi berpotensi menurunkan risiko kanker, seperti kanker prostat, hati, endometrium, mulut, dan tenggorokan.

Tips Aman Minum Kopi

Manfaat kopi untuk kesehatan memang cukup beragam. Tetapi, mengonsumsi kafein secara berlebihan berisiko menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti diare, sulit tidur, cemas, jantung berdebar, serta tekanan darah tinggi.

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut