get app
inews
Aa
Read Next : OJK Minta Perbankan Segera Blokir Rekening Aktifitas Kejahatan dan Judi Online

OJK Sulutgomalut Mencatat Kinerja Perbankan Sulawesi Utara dan Gorontalo Mengalami Pertumbuhan

Sabtu, 03 Juni 2023 | 21:28 WIB
header img
Kepala OJK Sulutgomalut, Winter Marbun saat perayaan HUT ke 62 sekaligus peresmian kantor baru Bank SulutGo (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Utara (Sulut), Gorontalo dan Maluku Utara (Malut) mencatat Kinerja seluruh perbankan di Sulut dan Gorontalo pada Maret 2023, total aset sebesar Rp100,5 triliun atau tumbuh sebesar 6,24 persen, DPK sebesar Rp37,12 triliun atau tumbuh sebesar 1,35 persen dan Kredit yang diberikan tercatat sebesar Rp63,19 triliun atau tumbuh sebesar 5,57 persen secara year on year (yoy).

Kepala OJK Sulutgomalut, Winter Marbun mengatakan meskipun perbankan Provinsi Sulut dan Gorontalo mencatatkan kinerja yang meningkat atau mengalami pertumbuhan baik dari sisi Aset, DPK dan Kredit, namun pertumbuhan Aset, DPK dan Kredit tersebut lebih rendah dari pertumbuhan perbankan nasional. 

"Hal tersebut seyogyanya dapat kita jadikan motivasi untuk melakukan penguatan kinerja dalam penghimpunan dana pihak ketiga dan penyaluran kredit sehingga dapat lebih meningkatkan pertumbuhan industri perbankan di Provinsi Sulut dan Gorontalo," kata Winter saat perayaan HUT ke 62 sekaligus peresmian kantor baru Bank SulutGo, Sabtu (3/6/2023).

Menurut Winter, berdasarkan data pengawasan OJK Sulutgomalut, saat ini di Provinsi Sulut dan Gorontalo terdapat 29 bank umum dan 18 BPR. Dari 47 Bank tersebut, Bank SulutGo menjadi bank dengan penghimpunan Dana Pihak Ketiga terbesar kedua di Provinsi Sulut dan Gorontalo dengan pangsa pasar DPK mencapai 18,34 persen dan bank penyalur kredit terbesar kedua dengan pangsa pasar sebesar 21,16 persen pada Maret 2023. 

"Kami tentu sangat berharap dengan momentum hari ulang tahun dan kehadiran Gedung Kantor Pusat yang baru ini, Bank SulutGo semakin mampu berkontribusi dalam pertumbuhan positif industri perbankan yang tentu saja akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi daerah," tutur Winter.

 

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut