get app
inews
Aa Read Next : Rezeki Sakti Ramadan 2023 dari Telkomsel, Beli Paket Internet Dapat Voucher Belanja

Jaringan 4G Lemot? Coba Atasi dengan Cara Ini

Minggu, 09 Januari 2022 | 11:52 WIB
header img
Jaringan 4G Lemot? Coba Atasi dengan Cara Ini. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Dalam penggunaan smartphone, setiap orang pasti pernah merasakan pengalaman internet yang terasa lemot saat bermain game atau streaming. Hal ini tentu sangat tidak menyenangkan. 

Tetapi jangan khawatir, ternyata ada cara mengatasi jaringan 4G lemot, sehingga internetan menjadi makin ngebut. Pada dasarnya gangguan internet ini bisa diakibatkan oleh banyak faktor, tidak hanya dari sisi operator saja.  

Secara umum, ada tiga faktor utama yang memengaruhi kualitas experience menggunakan layanan data. Menurut blog Telkomsel, faktor itu mencakup operator, third-party, dan dari pengguna.  

Cara Atasi Jaringan 4G Lemot

Ketika mengalami gangguan koneksi layanan data dan menghubungi customer service operator, sebaiknya Anda periksa terlebih dulu apakah gangguan ini bisa diselesaikan sendiri atau tidak. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengidentifikasi masalah dan memperbaiki koneksi secara mandiri di rumah: 

1. Perhatikan lokasi kamu

Pastikan lokasi kamu sudah aman untuk menangkap sinyal dan tidak terhalang oleh bangunan bertembok tebal atau berada di dalam basement. Jika di sekitar Anda ada bangunan baru yang menghalangi smartphone saat menangkap sinyal, Anda bisa coba untuk berpindah ke lokasi lain.

2. Refresh sinyal agar layanan data kembali aktif

Jika statur bar Anda penuh tapi tidak ada pertukaran data, yang bisa Anda lakukan adalah mengaktifkan airplane mode selama beberapa detik sebelum kembali menonaktifkannya. Anda juga bisa melakukan restart pada smartphone untuk mengatasi hang atau lag pada sinyal.

3. Tutup aplikasi yang sudah tidak Anda gunakan

Anda juga perlu pastikan tidak ada aplikasi yang lupa ditutup dan masih berjalan di background. Pastikan semua aplikasi yang sudah tidak terpakai sudah ditutup dengan sempurna.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut