get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Ini Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diketahui, Salah Satunya Faktor Keturunan

Senin, 03 Januari 2022 | 07:28 WIB
header img
Faktor keturunan dan yang berhubungan dengan gaya hidup bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. (Foto ilustrasi: Vecteezy)

JAKARTA, iNews.id - Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), faktor keturunan dan yang berhubungan dengan gaya hidup bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Hal ini penting untuk diketahui agar bisa mencegahnya. 

Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol dalam darah Anda cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke

Dikenal juga sebagai hiperlipidemia, kolesterol tinggi tidak menyebabkan rasa sakit dan tidak menimbulkan gejala apapun sampai seseorang mengembangkan penyakit jantung yang parah. 

Diproduksi oleh hati, kolesterol adalah zat lemak padat yang ditemukan di setiap sel tubuh, dan dianggap penting untuk banyak fungsi penunjang kehidupan. Ini membantu tubuh membuat hormon dan vitamin D, dan juga ditemukan dalam senyawa yang dibuat tubuh untuk membantu mencerna makanan, seperti empedu. 

Dilansir dari Everyday Health, berikut ini penyebab kolesterol tinggi yang harus Anda ketahui. 

1. Keturunan 

Memiliki riwayat keluarga dengan kolesterol tinggi atau penyakit jantung berarti Anda lebih mungkin memiliki kolesterol tinggi. Meskipun relatif jarang, beberapa orang juga membawa kondisi genetik yang disebut hiperkolesterolemia familial, yang menyebabkan kolesterol jahat sangat tinggi pada usia muda. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan penyakit arteri koroner dan serangan jantung dini. 

2. Usia 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut