get app
inews
Aa Read Next : Senyum Anak Yatim Mewarnai Buka Puasa di Grand Whiz & Whiz Prime Hotel Megamas Manado

Tertutup Awan, Hilal Tidak Terlihat di Manado

Rabu, 22 Maret 2023 | 18:34 WIB
header img
Hilal tidak terlihat di Manado karena tertutup awan (Foto : Subhan Sabu)

MANADO, iNewsManado.com - Sekitar pukul 17.45 WITA, tim rukyatul hilal dari Kantor Wiyah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan BMKG Sulut melakukan pengamatan bulan atau rukyatul hilal untuk menentukan awal Ramadan 1444 H.

Dari hasil pemantauan di rooftop MTC Kawasan Megamas, menjelang maghrib, peneropongan dilakukan tim rukyatul hilal yang berlangsung selama sepuluh menit, namun karena cuaca mendung membuat hilal tidak terlihat karena tertutup awan.

"Karena kondisi cuaca, hilal tidak bisa terlihat, tapi dari sisi kriteria sudah bisa menunjukkan meski pun masih menunggu ketetapan pemerintah pusat, mudah-mudahan besok sudah puasa," tutur Kakanwil Kemenag Sulut, Sarbin Sehe, Rabu (22/3/2023).

Kepada umat Islam, Kakanwil mengimbau untuk memanfaatkan bulan ramadan untuk meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dan menjaga, memelihara persatuan dan kesatuan mengedepankan perilaku moderat di dalam melaksanakan ibadah puasa.

"Manfaatkan bulan suci ramadan satu bulan ini dengan penuh ibadah, membaca Alquran salat tarawihnya dijaga dan sedekahnya terus dilakukan agar umat Islam pada saatnya bisa mendapatkan predikat La allakum tattaqun," tuturnya.

Persatuan dan kesatuan diutamakan dengan sama-sama saling menghormati, yang tidak berpuasa atau yang belum puasa sama-sama menghormati memuliakan bulan suci ramadan.

"Pada saat yang sama yang menjalankan ibadah puasa juga menghormati, menghargai hak-hak konstitusi sebagai warga negara mau pun sebagai warga atau umat beragama," pungkasnya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut