get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Wajib Diketahui! Beberapa Obat Penurun Kolesterol Tinggi Ini Memiliki Efek Samping

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:30 WIB
header img
Obat penurun kolesterol tinggi bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi dengan cara tidak tepat. (Foto ilustrasi: Freepik)

Inhibitor PCSK9 dirancang untuk menempel pada protein hati tertentu, yang menghasilkan penurunan kolesterol jahat. Kelas obat ini dapat diberikan dengan statin dan biasanya untuk orang yang berisiko tinggi terkena penyakit jantung yang belum mampu menurunkan kolesterol mereka dengan cukup melalui cara lain.

Kemungkinan efek samping termasuk nyeri, nyeri otot (mialgia) dan nyeri punggung, atau pembengkakan di tempat suntikan dan gejala seperti pilek. 

3. Fibrat 

Turunan asam fibrat membentuk kelas obat lain yang mengurangi kadar lipid (lemak) darah, terutama trigliserida. Trigliserida adalah lemak yang berasal dari makanan yang dibuat saat mengonsumsi kalori yang tidak dihabiskan. Obat ini dapat meningkatkan kolesterol baik sambil menurunkan produksi kolesterol jahat.

Orang yang memiliki penyakit ginjal parah atau penyakit hati sebaiknya tidak dianjurkan mengonsumsi fibrat. Efek samping obat ini meliputi sembelit atau diare, penurunan berat badan, kembung, bersedawa atau muntah, sakit perut, sakit kepala atau sakit punggung hingga nyeri otot dan kelemahan.

4. Resin Asam Empedu

Golongan obat ini bekerja di dalam usus dengan menempelkan diri pada empedu, cairan kehijauan yang terbuat dari kolesterol yang diproduksi oleh hati untuk mencerna makanan. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut