get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Wajib Diketahui! Beberapa Obat Penurun Kolesterol Tinggi Ini Memiliki Efek Samping

Kamis, 23 Desember 2021 | 06:30 WIB
header img
Obat penurun kolesterol tinggi bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi dengan cara tidak tepat. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Gaya hidup seseorang bisa berdampak besar bagi kesehatannya. Bagi yang memiliki riwayat penyakit kolesterol, selain dengan mengonsumsi obat penurun kolesterol tinggi juga harus rutin berolahraga dan menjaga pola makan sehat. 

Obat penurun kolesterol tinggi memang sangat beragam jenisnya. Namun, yang harus diketahui obat-obatan ini juga bisa menyebabkan efek samping jika dikonsumsi dengan cara yang tidak tepat. Oleh karena itu harus dibutuhkan resep dokter. 

Biasanya dokter akan meresepkan satu atau lebih obat untuk menurunkan kolesterol tinggi jika perubahan gaya hidup saja tidak memberikan perubahan. Obat-obatan ini termasuk dalam beberapa kategori berbeda. 

Apa saja obat tersebut? Dilansir dari Everyday Health, berikut ini jenis obat penurun kolesterol tinggi dan efek sampingnya. 

1. Statin

Kebanyakan pasien dengan kolesterol tinggi akan diberi resep statin. Statin adalah kelas obat yang mencegah pembentukan kolesterol di hati, tempat kolesterol itu dibuat. Obat ini kemudian menurunkan jumlah kolesterol yang beredar dalam darah dan efektif dalam menurunkan kolesterol jahat, trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik.

Statin biasanya tidak menyebabkan efek samping yang serius. Kebanyakan efek samping ringan dan hilang jika Anda terus menggunakan obat. Adapun efek samping yang paling umum meliputi nyeri dan kelemahan otot, sakit perut, sembelit, mual dan diare. 

2. Inhibitor PCSK9 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut