get app
inews
Aa Read Next : Akun Palsu Kapolres Minsel Beredar, Masyarakat Diminta Jangan Tertipu

Review Pantai Boulevard Manado, Lokasi Wisata sekaligus Kawasan Bisnis Populer di Sulawesi Utara

Jum'at, 30 Desember 2022 | 12:35 WIB
header img
Review pantai boulevard Manado yang merupakan lokasi wisata sekaligus kawasan bisnis terpopuler. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.comReview Pantai Boulevard Manado akan diulas dalam artikel kali ini. Pantai Boulevard Manado mulai beken dan jadi lokasi wisata sejak pembangunan reklamasi oleh pemerintah Manado pada tahun 1995 silam berbarengan dengan program pemerintah terkait konsep Water Front City.

Meski sejak awal reklamasi menimbulkan pro dan kontra, namun seiring waktu proses reklamasi terus berlangsung hingga menjadikan kawasan Pantai Manado sebagai cikal bakal lokasi bisnis.

Diketahui, reklamasi pantai boulevard Manado dilakukan pemerintah dalam proyek multiyear dengan panjang sekira 3,9 kilometer dimulai dari titik utama di Kelurahan Bahu, Malalayang di Jalan Wolter Mongisidi.

Di Pantai Boulevard Manado setidaknya berada empat lokasi bisnis strategis di Kota Tinutuan sepanjang Jalan Wolter Mongisidi hingga Piere Tendean. Yakni, Bahu Mall, Manado Town Square (Mantos), Kawasan Megamas dan Marina Plaza.


Suasana reklamasi pantai di Pantai Boulevard Manado. Foto/Ilona Esterina/Mongabay Indonesia/Istimewa

 

Meski telah direklamasi, nelayan tradisional masih beraktivitas disekitar kawasan reklamasi dengan memanfaatkan potensi melimpah ikan yang ada. Pun, pengunjung diwajibkan membayar biaya parker ketika memasuki kawasan bisnis Pantai Boulevard ketika membawa kendaraan. Sementara, jika pengunjung yang tidak membawa kendaraan, gratis memasuki area bisnis di sepanjang kawasan pantai boulevard.

Dari empat kawasan bisnis di Pantai Boulevard Manado ini, masing-masing memiliki keistimewaan tersendiri.

Bahu Mal dikenal sebagai kawasan bisnis dan sekaligus tempat kuliner yang didominasi cita rasa lokal. Di kawasan Bahu Mal juga terdapat hotel berbintang dan rumah sakit bersalin populer. Tak heran, banyak warga maupun pengunjung menjadikan kawasan Bahu Mal sebagai lokasi wisata akan pemandangan pantai juga destinasi wisata kuliner.

Kemudian kawasan Bisnis Manado Town Square (Mantos). Inilah kawasan bisnis paling banyak dikunjungi warga lokal maupun pendatang. Disini, terdapat sejumlah pusat perbelanjaan yang populer juga penjualan barang elektronik. Sangat sedikit pilihan kuliner di kawasan Mantos. Namun, berbeda dengan Bahu Mal, pengunjung jarang menghabiskan waktu menikmati keindahan pantai di tempat ini.

Selanjutnya Kawasan Megamas. Ini merupakan kawasan bisnis pertama yang dibangun dengan berdirinya Mega Mall yang merupakan mall pertama di Manado. Di tempat ini bisa dikatakan jadi pilihan kaum milenial. Luas kawasan yang memadai di tambah adanya lokasi jogging dan tempat nongkrong memadai menjadikan kawasan ini sangat populer. Bahkan, disini anak muda juga bisa berolahraga. Pilihan kuliner disini sangat beragam karena adanya perpaduan kuliner lokal, nasional dan luar negeri. Di sini juga terdapat hutan kota yang cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai boulevard.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut