get app
inews
Aa Read Next : Satgas Covid-19: Indonesia Mulai Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

Program UMKM Kementerian BUMN Menolong Perempuan Indonesia Hadapi Covid-19

Kamis, 08 Desember 2022 | 20:41 WIB
header img
Menteri BUMN Erik Thohir saat mengunjungi UMKM Pasar Murah di Purwakarta, beberapa waktu lalu. Foto: iNewsPurwakarta/Irwan

JAKARTA, iNews.id - Ketua Gerakan Perempuan Muda Sulut (Sulawesi Utara) Wedayanti Harianto mengatakan Usaha mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan program jitu kementerian BUMN dalam menolong perempuan Indonesia dalam menghadapi Covid-19

Wedayanti menambahkan, banyak karyawan perempuan yang harus di PHK bahkan berhenti dari pekerjaan, tidak hanya itu para perempuan yang berkeluarga didapati suami yang harus berhenti atau di PHK dari pekerjaannya. 

"Tetapi dengan adanya program UMKM ini, mampu menolong perekonomian masyarakat Indonesia. Di tengah goncangan dan terpuruknya perekonomian, karena pandemik maka UMKM dan peran perempuan di dalamnya mampu menghidupi dan mampu emmbantu pemulihan ekonomi keluarga," ujar Wedayanti. 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, pentingnya peran perempuan dalam pembangunan perekonomian di Indonesia, khususnya di sektor UMKM. 

Berdasarkan data, 64,5 persen pelaku usaha kecil menengah merupakan perempuan, dan UMKM merupakan salah satu sektor krusial yang berperan besar dalam kestabilan perekonomian bangsa. 

“UMKM itu adalah fondasi daripada ekonomi nasional yang jumlahnya 65.4 juta,” kata Erick. 

Pemberdayaan kaum Perempuan dalam pengembangan UMKM adalah strategi dalam mendukung usaha, tetapi juga UMKM ini menjadi kendaraan yang membantu para perempuan Indonesia untuk melaju, bangkit berkarya dan menghasilkan sesuatu bagi dirinya, keluarganya dan bangsa Indonesia dalam melawan keterpurukan ekonomi. 

Maka, sambung Wedayanti, di tangan Erick Thohir BUMN semakin maju, terlebih ketika Erick memberi ruang kepada perempuan Indonesia untuk menghasilkan karya dan memberi kontribusi positif bagi perekonomian Indonesia. 

"layaklah beliau menjadi pemimpin yang diperhitungkan rakyat Indonesia, karena pemberian diri beliau secara totalitas untuk kemajuan ekonomi bangsa dengan memberikan ide-ide brilian yang inovatif dan kreatif membawa Indonesia semakin maju dan diperhitungkan dalam ranah internasional," pungkasnya.
 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut