get app
inews
Aa Read Next : Cek Fakta: Begini Asal Mula Matahari Department Store

Benarkah Air di Bumi Berasal dari Matahari? Ini Penjelasannya

Sabtu, 11 Desember 2021 | 20:22 WIB
header img
Debu asteroid Itokawa dilihat menggunakan tomografi probe atom yang dibawa oleh JAXA . (Foto: Dok/University Curtin)

JAKARTA, iNews.id - Sebagian air yang ada di bumi berasal dari matahari. Hal ini telah dibuktikan lewat suatu penelitian, dimana ion hidrogen yang berasal dari partikel matahari menciptakan butiran debu dan dibawa asteroid yang menabrak bumi. 

Profesor Phil Bland, Direktur Pusat Sains dan Teknologi Antariksa di Universitas Curtin mengatakan, para ilmuwan masih bingung tentang kepastian asal air yang ada di bumi.

“Bumi sangat kaya air dibandingkan dengan planet lainnya di Tata Surya, tapi semua air ini asalnya darimana," kata Bland seperti dikutip dari SCI News. 

Teori sebelumnya menyebutkan kalau air dibawa ke bumi pada tahap akhir pembentukan asteroid tipe c. Namun pengujian melalui isotop asteroid tersebut menunjukkan air itu tidak cocok seperti yang ditemukan di bumi.

“Penelitian kami menunjukkan angin matahari menciptakan air di permukaan butiran debu kecil dan air yang secara isotop lebih ringan ini kemungkinan menyediakan sisa air di Bumi,” ucapnya.

Menggunakan tomografi probe atom, Profesor Bland dan rekannya menganalisis butir olivin dari asteroid dekat-Bumi tipe S Itokawa, sampelnya dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa Hayabusa JAXA dan kembali ke Bumi pada 2010.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut