get app
inews
Aa Read Next : Tentara Israel Serang Final Piala Liga Palestina, Apa Reaksi FIFA?

Indonesia Lolos Sanksi Tragedi Kanjuruhan, FIFA Rekomendasi 5 Poin Penting

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 09:26 WIB
header img
Aremania memasuki lapangan usai tim kesayangan mereka Arema Malang dikalahkan Persebaya di kandang sendiri, Sabtu (1/10/2022) malam. Foto/MPI

JAKARTA, iNewsManado.com - Federasi sepakbola dunia, FIFA tidak menjatuhkan sanksi bagi Indonesia terkait insiden Laga Arema Vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) yang menewaskan 131 Aremania

Dalam surat yang dikirimkan kepada Presiden Jokowi, FIFA memberikan 5 rekomendasi penting terkait pengelolaan pesepakbolaan Indonesia. Surat FIFA yang masuk atas tindaklanjut dari pembicaraan yang dilakukan Presiden Jokowi pada Presiden FIFA Gianni Infantino pada 3 Oktober 2022 lalu. 

Pidato soal surat FIFA itu diunggah di akun Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (7/10/2022). Ada berapa poin dalam surat FIFA itu yang disampaikan Jokowi. Di antaranya. pemerintah siap bekerjasama dengan seluruh organisasi sepakbola terkait mulai dari dunia, Asia, hingga Asia Tenggara.

“FIFA bersama-sama pemerintah akan membentuk tim transformasi sepakbola Indonesia dan FIFA akan berkantor di Indonesia selama proses-proses tersebut,” ucap Jokowi.

“Selain itu, akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, AFC, dan pemerintah Indonesia untuk … (lima poin tindaklanjut),” lanjutnya.

Menariknya, Jokowi tak sekalipun menyebut PSSI dalam kerja sama itu. Hal itu membuat netizen respons pidato Jokowi itu.

Netizen banyak yang mengira memang tak ada melibatkan PSSI dalam kerjasama ini. Ada pula yang menyebut mungkin Jokowi lupa membaca surat FIFA itu secara lengkap.

Dalam surat yang dikirimkan FIFA itu, juga akan dilakukan langkah-langkah kolaborasi antara FIFA, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan pemerintah Indonesia untuk:

 

(1) membangun standar keamanan stadion di seluruh stadion yang ada di Indonesia;

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut