Logo Network
Network

Lukas Enembe Beber Kasus di KPK di Hadapan Pengurus Gereja, Begini Pernyataannya

Abdul
.
Jum'at, 07 Oktober 2022 | 13:32 WIB
Lukas Enembe Beber Kasus di KPK di Hadapan Pengurus Gereja, Begini Pernyataannya
Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto/reuters

JAYAPURA, iNewsManado.com - Gubernur Papua Lukas Enembe dikunjungj puluhan pendeta menjadi anggota Persekutuan Gereja-Gereja Papua (PGGP), di kediaman pribadinya di kampung Koya, Kota Jayapura, Selasa (04/10/2022). 

Menariknya, meski kondisi Lukas Enembe masih belum 100% berbicara lancar dan berdiri sempurna, Lukas Enembe membeber kasus yang menjeratnya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dalam dialog tersebut Gubernur Enembe menegaskan kepada para pemimpin dan pengurus gereja ini bahwa yang ia hadapi saat ini sudah berlangsung sejak tahun 2017.

Kata dia, Dimana ia pernah hendak dijebak dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jakarta, hendak dicelakai hingga dibuntuti kemana-mana. Hendak berobat pun ia kerap dihalang-halangi.

'Pernah sekali saya mau berobat, nama saya hilang dari manifest penerbangan," kata Gubernur Enembe. 

Lebih menyedihkan lagi, ia diminta untuk tidak berhubungan dengan beberapa pemimpin gereja (Ketua Sinode) di Tanah Papua. 

"Saya bilang tidak bisa. Mereka pemimpin gereja dan saya pemimpin wilayah yang mayoritasnya beragama Kristen. Saya pasti akan sering bertemu mereka dan umat Kristen. Bagaimana saya dilarang berkomunikasi dengan mereka?" kata Gubernur Enembe.

Para pemimpin gereja ini bersimpati atas apa yang dialami oleh Gubernur Papua ini. Mereka sepakat bahwa Enembe seharusnya menjalani perawatan hingga sembuh sebelum menjalani pemeriksaan atas sangkaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diberikan kepadanya.

"Kami datang untuk melihat kondisi beliau (Gubernur) secara langsung. Dan memang kami lihat beliau dalam keadaan sakit dan sedang menjalani perawatan dokter. Kita berharap sebenarnya beliau bisa berobat ke Singapura. Tetapi beliau sudah menyampaikan bahwa beliau sudah dilarang berobat ke Singapura," ujar Ketua Sinode GKI Tanah Papua, Pendeta Andi Mofu.

Sementara itu Ketua umum PGGP Provinsi Papua, Pdt Hiskia Rollo mengatakan gereja belum memberikan pandangan dan pendapat selama ini tentang persoalan yang dihadapi oleh Gubernur Enembe karena belum bertemu secara langsung dan mendengarkan langsung dari Enembe. 

"Kami belum mengeluarkan sikap, karena kami belum mendengar informasi seperti ini (yang disampaikan langsung oleh Gubernur Enembe). Jangan sampai kami pernyataan yang kami keluarkan berbeda dengan kenyataan lapangan," kata Pendeta Rollo.

Pendeta Rollo mengatakan setelah melihat dan mendengarkan langsung, PGGP akan segera mengeluarkan sikap gereja.

Pastor Konstatinus Bahang OFM yang mewakili Uskup Jayapura mengatakan mendapatkan keadilan hanya bisa didapatkan melalui proses yang adil juga. 

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini