get app
inews
Aa Read Next : Harus Dihindari! Ini Daftar Makanan dan Minuman Pantangan Penderita Asam Lambung

Plus Minus Konsumsi Salak: Baik bagi Ibu Hamil, Penderita Maag Tidak Dianjurkan

Sabtu, 27 November 2021 | 13:35 WIB
header img
Selain nikmat untuk dikonsumsi, Salak ternyata tidak dianjurkan bagi beberapa orang yang menderita sakit tertentu. (Foto: Istimewa)

 

SALAK adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala. Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Salak ditemukan tumbuh liar di alam di Jawa bagian barat daya dan Sumatra bagian selatan. Salak dibudidayakan di ThailandMalaysia dan Indonesia, ke timur sampai Maluku. Salak juga telah diintroduksi ke FilipinaPapua NuginiQueensland dan juga Fiji.

Sebagian ahli menganggap salak yang tumbuh di Sumatra bagian utara berasal dari jenis yang berbeda, yakni S. sumatrana Becc.. S. zalacca sendiri dibedakan lagi atas dua varietas botani, yakni var. zalacca dari Jawa dan var. amboinensis (Becc.) Mogea dari Bali dan Ambon.

Selain rasanya yang manis dan segar, salak juga memiliki banayk manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada di buah ini membawa banyak khasiat untuk tubuh.

 

Berikut manfaat buah salak seperti dikutip dari Health Benefit Times:

1. Kesehatan mata

Manfaat salak rupanya cukup baik untuk kesehatan mata. Buah salak memiliki kandungan betakaroten yang mencukupi untuk menyehatkan mata. Nah, bagi Anda yang biasa mengonsumsi wortel untuk kesehatan mata, tak ada salahnya mengonsumsi buah salak saat bosan terus menerus memakan wortel.

 

2. Kesehatan pencernaan

Manfaat buah salak bagi kesehatan pencernaan sudah diakui sejak zaman dulu. Para orangtua sering menyarankan makan buah salak saat mengalami gangguan pencernaan. Salak merupakan salah satu buah padat nutrisi yang terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. Karena kandungan nutrisi tersebut, salak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Tanin bersifat anti diare, sehingga salak membantu menyembuhkan diare. Selain itu salak juga dapat mengobati gangguan pencernaan. Ada baiknya mengkonsumsi salak beserta kulit arinya, yang dapat mencegah sembelit.

 

3. Penguat daya ingat

Nilai gizi yang tinggi dalam buah salak disebut baik untuk otak. Kandungan kalium dan pektin yang tinggi dalam salak membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan daya ingat.

 

4. Mengontrol kadar gula darah

Kulit buah salak bila dijadikan teh membantu dalam regenerasi sel di pankreas yang membantu untuk mengontrol diabetes. Selain itu manfaat salak juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu dalam mengendalikan diabetes. Mengingat manfaat buah salak itu, diajurkan untuk dikonsumsi rutin karena bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut