Lukas Enembe Jadi Tersangka KPK, Ini Profil Gubernur Papua Alumni FISIP Unsrat Manado

Donald Karouw
.
Selasa, 13 September 2022 | 19:10 WIB
Gubernur Papua Lukas Enembe. Foto/Reuters

JAKARTA, iNewsManado.com - Gubernur Papua, Lukas Enembe menarik perhatian publik usai ditetapkan tersangka dugaan korupsi dan gratifikasi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

Gubernur Papua dua periode tersebut dilansir dari Papua.go.id dan sumber lainnya, lahir di Kampung Mamit, Distrik Kombu, Kabupaten Tolikara, Papua pada tanggal 27 Juli 1967. Dia punya nama lahir Lomato Enembe.

Di kalangan masyarakat, Lukas Enembe dikenal sosok yang low profile setelah menjabat gubernur Papua sejak 2013 silam. 

Gubernur Papua Lukas Enembe merupakan orang asli Pegunungan Papua. Menariknya, Lukas Enembe saat mahasiswa merupakan alumni Fakultas Ilmu Sosial dan Politik di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Sulawesi Utara. 

Kariernya sebagai pejabat publik termasuk paripurna. Dia mengawalinya dengan menjadi PNS di Kantor Sospol Kabupaten Merauke tahun 1997-2001. Kemudian dia maju pilkada di Puncak Jaya dan terpilih menjadi Wakil Bupati Puncak Jaya tahun 2001-2006. 

Selanjutnya pada periode berikutnya, Lukas Enembe menjadi Bupati Puncak Jaya tahun 2007-2012. Dari sinilah langkahnya semakin mantap dengan maju pada Pemilihan Gubernur Papua tahun 2013.

Lukas Enembe merupakan kader Partai Demokrat yang didaulat menjadi gubernur ketiga Papua yang terpilih dalam pemilihan demokratis. Dia menjabat dua periode untuk tahun 2013-2018 dan tahun 2018–2023.

Dalam kehidupan keluarga, Lukas Enembe memiliki istri bernama Yulce W Enembe dan tiga anak, masing-masing bernama Astract Bona TM Enembe, Eldorado Gamael Enumbi dan Dario Alvin Nells Isak Enembe.

Follow Berita iNews Manado di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini