get app
inews
Aa Read Next : Alfamart Bagikan 35.000 Paket Buka Puasa Untuk Duafa, Hasan: Alhamdulillah Semoga Berkah

Sosok Djoko Susanto Bos Alfamart, Sempat Putus Sekolah yang Kini Berharta Rp21 Triliun

Kamis, 18 November 2021 | 13:17 WIB
header img
Djoko Susanto, Bos Alfamart. (FOTO:MNC Media)

SIAPA yang tak kenal Djoko Susanto? Ya, dia merupakan raja dari Alfa Supermarket atau biasa dikenal Alfamart, di bawah pengelolaan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.  Hingga kini, diketahui ada 5.500 toko Alfamart, termasuk juga Alfa Express, Alfamidi, dan Lawson.

"Dengan jumlah harta tersebut, ia pun masuk ke dalam daftar salah satu pengusaha kaya raya di Indonesia.  Kekayaan yang dimiliki Djoko tidak datang dengan sendirinya. Perjuangan panjang perlu dijalani, bahkan mesti mengorbankan banyak hal termasuk sekolah," seperti dikutip, Selasa (16/11/2021).

Ya, Djoko diketahui pernah putus sekolah. Ia berhenti sampai sekolah dasar saja karena lebih memilih membantu orangtuanya di Pasar Arjuna, Jakarta. Anak ke-6 dari 10 bersaudara itu pun sudah kenal dunia bisnis sejak usia 17 tahun.

Di masa remaja yang banyak dihabiskan dengan bersenang-senang, Djoko manfaatkan untuk membantu perekonomian keluarganya. Di usia muda, ia sudah mengelola beberapa warung makan. Djoko pun diketahui membuka warung kelontong.

Ada satu pengalaman luar biasa yang pernah dialami Djoko. Pada tahun 1976, kios miliknya di wilayah Arjuna Jakarta dikabarkan kebakaran. Padahal, dari kios itulah ia mendapat modal bisnis. Karena musibah itu 80-90 persen modal miliknya habis begitu saja.  

Pengalaman itu tak membuatnya patah semangat. Malah membuat Djoko semakin kuat sebagai seorang pebisnis. Singkat cerita, usahanya kembali bertumbuh, bahkan Djoko berani melakukan beberapa pengembangan inovasi, yaitu berjualan rokok.

Hal tersebut menghantarkan Djoko berkenalan dengan Putera Sampoerna yang memiliki perusahaan tembakau dan cengkeh terbesar di tanah air kala itu. Mereka bertemu di tahun 1980 dan 5 tahun kemudian sepakat bekerja sama. Sebanyak 15 kios rokok pun berhasil dibuka di Jakarta.

Usaha dan kerja keras Djoko Susanto tentunya layak menjadi inspirasi untuk kita yang sedang berjuang merintis bisnis. Kegagalan atau musibah yang terjadi jangan dijadikan penghalang untuk terus bangkit dan meraih mimpi.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut