get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Fenomena Madden Julian Oscillation Picu Cuaca Ekstrem di Sulut Sepekan ke Depan

Sulawesi Utara Potensi Hujan Awal September 2022, Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Rabu, 31 Agustus 2022 | 21:02 WIB
header img
Curah hujan akan intens terjadi di Sulawesi Utara diawal September 2022. Foto/otorider/istimewa

AMBON, iNewsManado.com - Provinsi Sulawesi Utara menjadi salah satu provinsi yang berpotensi terjadi hujan pada awal September 2022 ini. 

Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan dari total 699 zona musim di Indonesia, sebanyak 16,31 persen atau sebanyak 114 zona musim (ZOM) diperkirakan mengawali musim hujan pada September 2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, sebanyak 25,03 persen atau 175 ZOM akan memasuki musim hujan pada Oktober 2022. Wilayah tersebut, kata dia meliputi sebagian Sumatera, Jawa, Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sementara itu, 18,31 persen atau 128 ZOM akan memasuki musim hujan pada November 2022, meliputi sebagian Sumatera, Jawa, Bali Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sedangkan untuk ZOM lainnya, lanjut dia awal musim hujan tersebar pada bulan Juli hingga Agustus 2022 serta pada bulan Desember 2022 dan Januari hingga Mei 2023.

"Artinya apa? Awal musim hujan ini tidak secara serempak dimulai ada yang lebih awal tadi ada yang mulai bulan September, ada yang mulai Oktober dan ada juga yang mulai November, ada juga yang mulai Desember, ada juga yang mulai Januari hingga Mei 2023, itu tidak serempak," ujar Dwikorita dalam konferensi pers secara daring, Rabu (31/8/2022).

Saat ini, kata dia masih terjadi musim kemarau. Masih ada beberapa ZOM yang belum mengalami kemarau seperti itu dan ada peningkatan curah hujan di musim kemarau.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut