get app
inews
Aa Read Next : Mood Jadi Lebih Baik Jika Konsumsi 4 Makanan Ini

Wajib Dikonsumsi Anak, Berikut 5 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Sabtu, 13 November 2021 | 11:06 WIB
header img
Makanan yang mengandung vitamin D. (Foto ilustrasi: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Dalam kondisi sekarang ini selain dengan berolahraga, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin. Salah satunya makanan yang mengandung vitamin D

Jika asupan vitamin D cukup, maka imunitas tubuh meningkat sehingga tidak mudah terserang penyakit, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. 

Selain itu, vitamin D juga memiliki peran penting bagi pertumbuhan tulang manusia. Vitamin D juga dapat diperoleh secara gratis dengan cara berjemur di bawah sinar matahari. Namun, adakalanya asupan makanan juga diperlukan untuk menunjang kebutuhan vitamin D harian dalam tubuh. 

Merangkum dari Healthline, Sabtu (13/11/2021), berikut daftar makanan yang mengandung vitamin D tinggi. 

1. Salmon 

Menurut United States Departement of Agriculture (USDA) dalam 100 gram daging ikan salmon atlantik hasil budidaya, mengandung 526 IU vitamin D. Berarti saat mengonsumsi salmon telah memenuhi 66 persen kebutuhan vitamin D harian atau daily value (DV). Sementara daging ikan salmon liar seberat 100 gram mengandung 988 IU yang memiliki 124 persen DV.  

2. Herring dan sarden 

Herring adalah jenis ikan yang dikonsumsi masyarakat di seluruh dunia. Ikan ini bisa disajikan dalam kondisi mentah, kalengan, diasap, atau diasamkan. Ikan berukuran kecil ini juga merupakan salah satu sumber vitamin D terbaik.

Ikan herring Atlantik segar mengandung 216 IU per 100 gram yang telah memenuhi 27 persen DV.  Sementara Sarden kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Satu kaleng sarden dengan berat 3,8 ons mengandung 177 IU, atau 22 persen DV.  

3. Minyak ikan Cod 

Minyak ikan cod menjadi salah satu suplemen yang populer jika seseorang tidak menyukai ikan. Dalam 4,9 ml minyak ikan cod mengandung vitamin D sebanyak 448 IU yang memiliki 56 persen DV. 

Minyak ikan ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengobati defisiensi atau malnutrisi pada anak-anak.  

4.Tuna kalengan 

Tuna kalengan bisa menjadi alternatif jika seseorang malas membeli ikan segar. Tuna kalengan memiliki kandungan vitamin D hingga 268 IU setiap 100 gram. Jumlah ini mencukupi 34 persen DV.

Selain kaya akan vitamin D, tuna kalengan juga merupakan sumber niasin dan vitamin K yang baik.  

5. Kuning telur 

Telur utuh adalah sumber makanan lain yang kaya akan vitamin D. Sebagian besar protein dalam telur ditemukan di bagian putihnya. 

Sementara lemak, vitamin, dan mineral sebagian besar ditemukan di kuning telur. Satu kuning telur mengandung 37 IU vitamin D, atau 5 persen dari DV.

Lihat juga: Disukai Anak dan Orang Dewasa, Resep Fluffy Cake Susu Cokelat ala Chef Arnold Poernomo

 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut