get app
inews
Aa Read Next : Pastikan Kelancaran Pendistribusian BBM dan LPG, Pertamina Patra Niaga Bentuk Tim SATGAS RAFI 2024  

BBM Subsidi Bakal Naik, Pemerintah Susun Harga Baru

Senin, 15 Agustus 2022 | 16:40 WIB
header img
Harga baru BBM disusun pemerintah. Foto/MNC Media

JAKARTA, iNewsManado.com – Rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh Pemerintah sulit terelekakan. Pun, saat ini pemerintah tengah menyusun harga baru BBM sebelum resmi dinaikkan.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) Susiwijono mengatakan, pemerintah tengah mempertimbangkan kenaikan harga BBM subsidi.

Kenaikan harga BBM ini sebagai upaya menjaga kesehatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2022. Meski pemerintah telah mengalokasikan anggaran subsidi BBM sebesar Rp502 triliun hingga akhir tahun ini. Namun, harga minyak dunia terus meningkat di tingkat global.

"Angkanya semua sedang dihitung, kita sedang siapkan angkanya. Kita sudah rapat beberapa kali," kata Susiwijono di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Senin (15/8/2022).

Dia membeberkan, perhitungan kenaikan harga BBM sedang dilakukan berbagai kementerian dan lembaga terkait.

Itu termasuk dampak kenaikan inflasi yang bisa dihasilkan jika pemerintah memutuskan menaikkan BBM.

"Semua sedang dihitung. Kalau naik nanti kontribusi ke inflasinya berapa karena akan dorong inflasi," ujarnya. Susiwijono menuturkan, rencana kenaikan harga BBM sudah menjadi opsi pemerintah.

Pasalnya, selama ini pemerintah telah menahan harga BBM agar tidak berdampak langsung ke masyarakat. Hanya saja, tingginya harga minyak dunia menjadi beban baru bagi APBN jika terus ditahan harganya.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut