get app
inews
Aa Read Next : Suara Ganjar Mahfud Tidak Sesuai Target, Caleg PDIP Terancam Tak Dilantik! Ini Isi Surat DPP PDIP

Sekjen PDIP Disebut Kandidat Menpan RB, Hasto Kristiyanto: Saya Ngurus Partai Saja

Kamis, 28 Juli 2022 | 08:36 WIB
header img
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kandidat Menpan RB. Foto/Dok

JAKARTA, iNewsManado.com - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto buka suara soal pengisian jabatan Menpan RB sejak wafatnya Tjahjo Kumolo pada 1 Juli 2022.

Menurut Hasto, Megawati Soekarnoputri selaku ketua umum partai yang mengusung Tjahjo Kumolo sebagai menteri sudah membahas sosok penggantinya.

Megawati disebut telah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi. Tentunya dengan tetap menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi dalam memilih nama menteri. 

Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, soal pengisian jabatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) sebaiknya tak perlu dipersoalkan sekarang. Sebab yang penting pemerintah (Kementerian PAN-RB) tetap berjalan dengan baik.

"Kan sudah ada menteri ad interim yaitu Pak Tito Karnavian (Menteri Dalam Negeri)," ujar Hasto dalam keterangannya Kamis (28/7/2022).

Dia pun meminta untuk saat ini semua pihak sebaiknya tidak membicarakan panjang lebar soal kursi menteri PAN-RB, sebagai sikap untuk menghormati sosok Tjahjo Kumolo.

"Apa pun, pak Tjahjo sekjen (PDIP) senior, beliau sosok yang sangat baik. Pas beliau wafat kan kita tahu bagaimana ungkapan duka itu banyak sekali. Mohon dipahami masa berduka itu 40 hari," jelas Hasto.

Kendati demikian, Hasto mengakui nama-nama calon Menteri PAN-RB sudah dibahas. Namun politikus asal Yogyakarta itu memastikan figur tersebut bukanlah dirinya.

"Nama-nama sudah dibahas. Siapa itu? Bukan saya, karena saya lebih memilih membantu Bu Megawati mengurus partai. Nanti Bu Megawati yang serahkan (nama menteri PAN-RB yang baru) ke Pak Jokowi," ungkap Hasto.

Dia menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tentunya telah berkomunikasi dengan Presiden Jokowi. Apalagi Ibu Megawati dan Presiden Jokowi sering berkomunikasi langsung, juga sering bertemu.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut