get app
inews
Aa Read Next : Security Aniaya Gadis 16 Tahun di Area Kampus Unima

Pergaulan Bebas Mengakibatkan Terjadinya Peningkatan Pernikahan Dini

Minggu, 24 Oktober 2021 | 13:52 WIB
header img
Ilustrasi. (Istimewa)


Stevanelia Gara. (Foto: Dokumen Pribadi)

Artikel Mahasiswa

OLEH: Stevanelia Grisya Gara

NIM: 21304065

Fakultas Ekonomi, Jurusan Akuntansi Universitas Negeri Manado

PERNIKAHAN dini adalah pernikahan yang dikatakan pasangan yang masih anak-anak atau remaja yang sudah menikah. Selain bisa berdampak buruk bagi kesehatan, pernikahan dini juga berpotensi memicu kekerasan seksual dan pelanggaran hak asasi manusia. Negara indonesia telah merdeka dari penjajahan yang menindas bangsa indonesia. Namun indonesia belum bisa bebas dari penjajahan akan pernikahan dini yang terjadi pada anak dibawah umur. Banyak Kasus Pernikahan dini terjadi di dalam kehidupan atau lingkungan kita sekitar.

BACA JUGA: Bermain Game Online Terlalu Lama Memiliki Dampak yang Buruk

Di Indonesia angka pernikahan anak dibawah umur kini meningkat tinggi. Kurang lebih diketahui angka peningkatan mencapai 20 persen dari pernikahan yang terjadi di Indonesia.banyak faktor pemicu  dari peningkatanan ini,Salah satunya pergaulan bebas yang terjadi dikalangan anak remaja. Kebebasan yang mereka punya tak hanya membuat mereka bertindak sesuai kemauan mereka, hingga kehamilan sebelum pernikahan menjadi hal yang tabu mereka lakukan.

Hal yang paling tidak bisa dicerna oleh pemahaman kita ialah terjadinya praktik praktik pernikahan dini yang banyak terjadi di daerah daerah terpencil, hal ini terjadi karena faktor kemiskinan, budaya, tradisi. Ini menjadi keprihatinan kita akan masa depan anak anak bangsa kita. Padahal kita mengetahui benar bahwa pemerintah telah mengeluarkan undnag undang untuk mengatur usia pernikahan yang dilegalkan yang mana usia minal ialah 19 tahun. Tingginya angka pernikahan dini tersebut karena adanya pergaulan bebas,pergaulan  yang terjadi di zaman sekarang tidaklah sama dengan pergaulan yang sudah lewat.

Banyak anak muda yang ingin menikah di umur yang terbilang belum cukup,itu terjadi karena mereka telah mengetahui atau telah mencoba-coba hal-hal yang negatif yang seharusnya di lakukan suami istri.

BACA JUGA: 1 Desember 2021, BCA Blokir Kartu ATM Lama

Anak muda di saat ini banyak yang hanya ingin merasakan hubungan-hubungan layaknya suami istri tetapi mereka tidak memikirkan persoalan-persoalan lainnya sehingga pada saat mereka telah menikah di usia muda tidak mengetahui banyak hal tentang persoalan rumah tangga,sehingga memicu muncul nya kekerasan dalam Rumah Tangga. Pernikahan Dini sangatlah menggangu masa depan bangsa dan negara kita!oleh karena itu marilah kita menghentikan Pernikahan dini Mulai Saat Ini,dengan cara janganlah melakukan hal-hal yang negatif atau hal yang bisa memicu terjadinya pernikahan dini.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut