get app
inews
Aa Read Next : Fakta Nasi Jaha dan Binarundak, Dua Jajanan Andalan Minahasa dan Bolaang Mongondow Raya

13 Kue Khas Manado, Nomor 4 Paling Legendaris

Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:15 WIB
header img
Apang Coe. (Istimewa)


11. NASI JAHA (Istimewa)

Nasi jaha sendiri adalah kuliner asli buatan masyarakat Manado, sehingga siapapun yang mengunjungi kota ini hendaknya untuk mencicipi Nasi Jaha. Kue khas Manado ini adalah makanan Sulawesi Utara, yang berbahan dasar beras ketan dan santan. Sama seperti kue lemper, Nasi Jaha juga dibalut dengan daun pisang. Di Bolaang Mongondow kue ini disebut dengan Binarundak.

BACA JUGA: Sepakat KUA – PPAS, APBD 2022 Provinsi Sulawesi Utara Diketuk Akhir November 2021

Cita rasa dari Nasi Jaha ini cukup lezat dan gurih, karena terbuat dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Sesuai dengan arti namanya, Nasi Jaha juga menggunakan jahe pada pembuatannya. Untuk masyarakat lokal sendiri, lebih sering menyebut Nasi Jaha ini dengan sebutan Nasi Ja.  Kue ini berasal dari beras ketan yang dicampur santan dan jahe, kemudian diisikan pada bambu dan dibakar.


12. LALAMPA (Istimewa)

Kue ini terbuat dari beras ketan dengan isian ikan tuna asap yang pedas. Camilan gurih ini cocok buat teman ngopi karena rasanya gurih pedas.

Selain panada, Manado juga punya camilan dari ketan yang enak. Namanya lalampa dan sering disebut lemper bakar karena tampilannya mirip. Meskipun lalampa punya isian ikan tuna asap yang pedas.

Beras ketan yang bagus akan membuat lalampa empuk dan gurih. Apalagi jika dimasak dengan santan kelapa segar. Sementara isian ikan tuna asapnya juga sangat lezat.

Daging ikan tuna yang kuat seratnya punya aroma asap yang sedap. apalagi ditambah bumbu cabe yang menyengat. Kalau mau bikin lalampa buat camilan akhir pekan, ikuti petunjuk resep lalampa dan tips membuatnya berikut ini.


13. APANG BAKAR (Istimewa)

Apang bakar ini terbuat dari gula merah. Di Manado kental dengan rasa kayu manisnya.

 

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut