get app
inews
Aa Read Next : Fakta Nasi Jaha dan Binarundak, Dua Jajanan Andalan Minahasa dan Bolaang Mongondow Raya

13 Kue Khas Manado, Nomor 4 Paling Legendaris

Rabu, 20 Oktober 2021 | 07:15 WIB
header img
Apang Coe. (Istimewa)

MANADO, iNews.id – Kue khas Manado jadi salah satu buruan wisatawan lokal maupun asing. Mengunjungi Manado seperti tidak lengkap tanpa mencicipi sejumlah kue khas. Bahkan, ada wisatawan yang menjadikan jajanan kue Manado sebagai buah tangan untuk kembali ke tempat asal sesuai mengunjungi Sulawesi Utara. Berikut daftar kue khas Manado yang sampai saat ini masih jadi primadona dirangkum dari berbagai sumber.

BACA JUGA: Aktor Berdarah Tompasobaru Ungkap Prahara Rumah Tangga


1. LAMPU-LAMPU (Istimewa)

Merupakan kue khas Manado, Sulawesi Utara, yang berbahan dasar tepung beras dan santan. Adonan kue ditaruh pada mangkuk yang terbuat dari takir daun pisang dan kemudian di kukus. Bahan lain yang dibutuhkan ada daun pandan, daun suji dan gula merah.


2. PANADA (Istimewa)

Kue khas Manado yang populer selain klappertaart. Ada yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Belanda, ada yang mengatakan kue ini merupakan pengaruh kuliner Portugis karena bentuknya yang mirip kue pastel. Akan tetapi, diyakini kue ini merupakan pengaruh kuliner Spanyol karena sangat mirip dengan kue Empanada. Kue ini seperti roti goreng / donat (yang membedakan adalah penggunaan santan sebagai pengganti air dalam proses pembuatannya), yang diisi dengan ikan laut cakalang dibumbu pampis. Bumbu pampis adalah ikan cakalang dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, daun bawang, sedangkan ikannya disuir kecil-kecil. Pembuatan panada terdiri atas bahan dan isi, kemudian digoreng dalam minyak hangat.


3. KLAPPERTAAT (Istimewa)

Bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Resep adonan tersebut merupakan pengaruh saat zaman pendudukan Belanda di Manado. Terdapat beberapa macam cara memasak klappertaart. Bila dipanggang dan menggunakan roti, maka akan menghasilkan klappertaart dalam bentuk yang padat, bisa dipotong layaknya kue taart pada umumnya. Tetapi ada juga cara memasak yang tidak dipanggang. Ini akan menghasilkan tekstur yang lembut. Kue ini paling nikmat bila disantap dalam keadaan dingin jadi tidak boleh dibiarkan terlalu lama di luar pendingin.

BACA JUGA: Cindy Wurangian: 26 Oktober Pertamina Janji Tak Ada Antrian Panjang BBM Solar di Sulawesi Utara

Klappertaart termasuk kue yang mengandung kalori yang cukup tinggi. Ada pengusaha klappertaart yang mencari campuran adonan yang lebih rendah jumlah kandungan kalorinya. Beberapa jenis klappertart menggunakan lemak rendah kalori, susu kalsium tinggi dan pemanis rendah kalori sebagai campuran adonannya menggantikan susu dan gula yang pada umumnya digunakan, sehingga menjadikan kue ini berkurang jumlah kalorinya. Klappertaart rendah kalori memang sengaja dibuat agar orang-orang yang sedang diet bisa menikmatinya.


4. BRUDEL (Istimewa)

Ini jadi kue legendaris di Manado. Pelaksanaan acara di kampung-kampung baik pernikahan maupun acara syukuran lainnya, kue ini tidak ketinggalan. Memiliki cita rasa manis yang menggiurkan. Ialah Brudel, sebuah kue yang berasal dari campuran tepung maupun gula dan telur dalam pembuatannya. Warga Manado sendiri ada yang menyebutnya Brudel, ada pula yang menyebutnya sebagai Bluder. Kue ini merupakan warisan Belanda, sama halnya dengan klappertaart maupun bitterbalen.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut