get app
inews
Aa
Read Next : Alamak! 3 ABG Berusia di Bawah 17 Tahun Terlibat Pencurian Sepeda Motor di Manado

Wajib Tahu! Ini 10 Gejala Infeksi Paru-Paru seperti Diidap Tjahjo Kumolo

Sabtu, 02 Juli 2022 | 17:46 WIB
header img
Infeksi paru paru. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menpan RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia karena mengidap infeksi paru-paru. Infeksi paru-paru disebabkan sejumlah faktor, diantaranya; virus, bakteri dan jamur. 

Infeksi paru-paru yang paling umum adalah Pneumonia

Pneumonia memengaruhi kantung udara yang lebih kecil di paru-paru, paling sering disebabkan oleh bakteri menular namun juga bisa disebabkan oleh virus. 

Seseorang menjadi terinfeksi dengan menghirup bakteri atau virus setelah orang yang terinfeksi di dekatnya batuk atau bersin. 

Saat tabung bronkial besar yang membawa udara ke dan dari paru-paru terinfeksi, hal ini disebut sebagai bronkitis. Bronkitis lebih mungkin disebabkan oleh virus daripada bakteri. Virus juga dapat menyerang paru-paru atau saluran udara yang menuju ke paru-paru. 

Kondisi ini disebut bronkiolitis, biasanya sering terjadi pada bayi. Infeksi paru-paru seperti pneumonia biasanya ringan, namun bisa serius, terutama bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah atau kondisi kronis, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). 

Ciri-ciri infeksi paru-paru bervariasi dari ringan hingga berat. Hal ini tergantung pada beberapa faktor. 

Antara lain usia dan kesehatan secara keseluruhan, dan apakah infeksi tersebut disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. Gejala infeksi ini mungkin mirip dengan pilek atau flu, tetapi cenderung bertahan lebih lama. 

 

Berikut ciri-ciri infeksi paru-paru seperti dilansir dari Healthline, Jumat (1/7/2022). 

 

1. Batuk Lendir Kental

Batuk membantu membersihkan tubuh dari lendir yang dihasilkan dari peradangan saluran udara dan paru-paru. 

Lendir ini mungkin juga mengandung darah. Dengan bronkitis atau pneumonia, penderita mungkin mengalami batuk yang menghasilkan lendir kental yang mungkin memiliki warna berbeda. Batuk bisa bertahan selama beberapa minggu bahkan setelah gejala lain membaik. 

 

2. Sakit Dada Menusuk Nyeri 

Sakit dada yang disebabkan infeksi paru-paru sering digambarkan sebagai nyeri tajam atau menusuk. Nyeri dada cenderung memburuk ketika batuk atau bernapas dalam-dalam. Terkadang rasa sakit yang tajam dapat dirasakan di punggung bagian tengah hingga atas. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut