get app
inews
Aa Read Next : Sulawesi Utara Potensi Cuaca Ekstrem hingga Mei 2024, Ini Keterangan BMKG

Masinton Pasaribu Picu Konflik Diinternal PDIP

Sabtu, 25 Juni 2022 | 18:33 WIB
header img
Masinton Pasaribu. (foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - DPP PDI Perjuangan mengambil langkah tegas terhadap kadernya Masinton Pasaribu.

Masinton Pasaribu memicu konflik Diinternal PDIP karena mengeluarkan pernyataan yang diduga berakar dari pendapat pribadi bukan pernyataan partai. 

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan ( PDIP ) Hasto Kristiyanto mengatakan Bidang Kehormatan Partai akan segera mengeluarkan surat teguran terhadap Masinton Pasaribu, anggota Fraksi PDIP karena berbicara ke publik, di wilayah yang bukan lingkup tanggung jawabnya. 

Hal itu terkait pernyataan Masinton soal koalisi dengan PKS dan Demokrat (PD). Masinton mengatakan pernyataan Hasto yang menyebut PDIP kecil kemungkinan bekerja sama politik dalam pilpres dengan PKS dan Partai Demokrat, sebagai pandangan pribadi.

 Dengan demikian, Hasto menyampaikan, Masinton telah dilaporkan ke Badan Kehormatan partai. Masinton akan mendapatkan teguran. 

"Saya sudah koordinasi dengan badan kehormatan dan sebelumnya Pak Masinton sudah mendapat teguran lisan dan sekarang akan diberikan teguran lagi sesuai dengan AD/ART partai,"ujar Hasto, Sabtu (25/6/2022). Hasto menegaskan, setiap anggota PDI Perjuangan harus berbicara sesuai dengan ruang lingkupnya. "Setiap anggota partai harus berbicara sesuai dengan ruang lingkup," katanya. 

Untuk memahami sikap politik PDIP soal koalisi dengan PKS dan PD dalam pilpres, Hasto mengatakan pihaknya menghormati posisi kedua partai itu yang berada di luar pemerintahan. 

Di dalam pidato Rakernas PKS, banyak kritik dari partai itu terhadap Pemerintahan Jokowi. 

Menurutnya PDIP dapat memahaminya sebagai sesuatu yang sejalan dengan ruang lingkup PKS yang berada di luar pemerintahan. Hal itu dianggap sebagai bagian dari check and balance. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut