get app
inews
Aa Read Next : 4 Buah Ini Bisa Perbaiki Kadar Gula Penderita Diabetes

Ini 5 Pola Minum yang Sehat dan Bisa Turunkan Gula Darah

Sabtu, 25 Juni 2022 | 08:17 WIB
header img
Pola minum air putih yang tepat bisa sehatkan tubuh. (F: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gula darah dalam tubuh ternyata bisa diturunkan dengan disiplin menjaga pola minum setiap hari.

 Kebiasaan minum untuk menjaga kadar gula darah penting untuk diketahui setiap orang. Seseorang biasanya akan memperhatikan makanan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.

Namun, memperhatikan kandungan minuman yang dikonsumsi juga tidak kalah pentingnya. Terutama dalam hal menjaga gula darah agar lalu stabil.

Saat ini banyak sekali minuman yang mengandung gula tambahan dan tinggi. Padahal minuman dengan kalori tinggi dapat dengan cepat meningkatkan gula darah jika tidak dikonsumsi dengan seimbang.

Dalam kasus ini, artinya minuman-minuman tersebut tidak diimbangi dengan protein, serat, atau nutrisi lain yang bisa menghambat lonjakan gula darah. Hal itu sesuai dengan apa yang disampaikan oleh ahli diet bernama Kimberly Pierpont, RD di The Ohio State University Wexner Medical Center .

"Memadukan minuman manis dengan makanan yang mengandung protein dan lemak sehat dapat mengurangi lonjakan gula darah ," kata Pierpont dilansir iNews.id dari Eat This, Rabu (15/6/2022).

Lantas bagaimana kebiasaan minum yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap seimbang? Berikut ini adalah ulasan lengkap dan tips terbaiknya.

5 Pola Minum untuk Menjaga Kadar Gula Darah

1. Minum Air Putih secara Teratur

Tingginya gula darah biasanya akan membuat seseorang dehidrasi. Untuk itu, direkomendasikan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih. Meminum air dengan cukup dapat mengencerkan gula di dalam aliran darah. Sehingga, hal itu bisa menjadi menurun kadar glukosa dalam tubuh yang kelebihan.

Konsumsi air putih yang ideal adalah 8 gelas berukuran 8 ons per hari. Namun jika aktivitas padat dan berkeringat sepanjang hari, tentu jumlahnya dianjurkan untuk ditambah.

 

2. Pilih Minuman Rendah Gula Tambahan

Seperti yang telah disinggung di awal, minuman dengan kadar gula tambahan sangat berpotensi meningkatkan risiko diabetes

Sebagai alternatif, konsumsi produk yang menggunakan stevia, monk fruit, dan splenda untuk memberikan rasa manis sekaligus segar tanpa kadar glukosa yang tinggi.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut