Langka! Hiu Megamouth Terdampar di Filipina

Wasis Wibowo
.
Kamis, 23 Juni 2022 | 09:27 WIB
Hiu Megamouth yang terdampar di Filipina, Rabu (22/6/2022). (F: Istimewa)

MANILA, iNews.id - Momen langka terjadi di Filipina. Seekor Hiu bermulut besar atau hiu megamouth yang sangat langka terdampar di sebuah desa terpencil Gubat di Provinsi Sorsogon, Filipina.

Kejadian itu membuat warga gempar. Pasalnya, Hiu bermulut besar itu berukuran 4,5 meter ditemukan oleh nelayan sudah mati terdampar di tepi pantai. 

Pejabat BFAR belum mengetahui penyebab kematian hiu megamouth. Namun, juru bicara organisasi tersebut mengungkapkan bahwa hiu itu bisa saja terjerat jaring ikan.

 “Kami ingin melestarikannya (mengawetkan) untuk bahan museum,” kata juru bicara BFAR Nonie Enolva kepada The Manila Times dikutip SINDOnews dari laman Ibtimes, Rabu (22/6/2022). 

“Kami ingin mengetahui dan memverifikasi penyebab kematian hiu megamouth. Kami ingin melestarikannya baik melalui taksidermi atau menenggelamkannya melalui solusi pengawetan,” tambahnya.

 Hiu bermut besar memiliki bentuk kepala bulat besar dan 50 baris gigi. Hiu yang tampak aneh ini pertama kali ditemukan pada tahun 1976 oleh penelitian Angkatan Laut AS di perairan Hawaii. 

Hiu Megamouths berenang di kedalaman sekitar 200 meter di siang hari, lalu sekitar 20 meter di malam hari. Menurut Marine Wildlife Watch of the Philippines, ada sekitar 100 penampakan hiu di Filipina. 

Sebagian besar penampakannya telah dilaporkan dari Taiwan. Hiu Megamouth, atau Megachasma pelagios, berasal dari ordo Lamniformes dari hiu yang umumnya dikenal sebagai hiu mackerel, yang termasuk hiu putih besar. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini