get app
inews
Aa Read Next : Wow! Tulang Rahang Manusia Pertama di Bumi Ditemukan di Spanyol

Terungkap! Hiu Megalodon Punah Karena Dibunuh Hiu Putih Besar

Rabu, 01 Juni 2022 | 20:22 WIB
header img
Gigi fosil Hiu Megalodon yang diteliti di Amerika Serikat. (F: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id – Punahnya hiu raksasa atau biasa disebut Hiu Megalodon mulai terjawab. Dalam pemeriksaan gigi Hiu Megalodon dan hiu biasa, terungkap bahwa kemungkinan besar Hiu Megalodon punah karena dihabisi hiu putih besar.

Para peneliti di Amerika Serikat menemukan bahwa Hiu Megalodon hidup sendirian selama jutaan tahun, sebelum kedatangan hiu putih besar sekitar 5,3 juta tahun yang lalu.

BACA JUGA: Polres Boalemo Gagalkan Penjualan 56 Satwa Dilindungi dari Makassar ke Manado

Dilansir Reuters, Rabu (1/6/2022), Kompetisi untuk sumber makanan ini menampilkan dua hewan yang sekarang bersarang dalam imajinasi populer - dengan putih besar ditampilkan dalam film blockbuster 1975 "Jaws" dan sekuelnya dan megalodon membintangi film populer 2018 "The Meg."

Hiu Megalodon, yang nama ilmiahnya adalah Otodus megalodon, muncul sekitar 15 juta tahun yang lalu dan punah sekitar 3,6 juta tahun yang lalu.

BACA JUGA: Virus Cacar Monyet Menyebar di Dunia, Ini Data Lengkap Penyebarannya

Itu adalah salah satu predator terbesar dalam sejarah Bumi, mencapai setidaknya 50 kaki (15 meter) dan mungkin 65 kaki (20 meter) panjangnya saat memakan mamalia laut termasuk paus.

Hiu putih besar, Carcharodon carcharias, mencapai panjang setidaknya 20 kaki (6 meter), dan mungkin lebih gesit dari keduanya.

"Megalodon hidup berdampingan dengan hiu putih besar selama rentang waktu yang disebut Pliosen awal, dan data seng kami menunjukkan bahwa mereka tampaknya memang menempati posisi yang sama dalam rantai makanan," kata ahli paleobiologi Kenshu Shimada dari DePaul University di Chicago.

"Ada beberapa hipotesis mengapa megalodon punah. Hipotesis tradisional mengaitkan ini dengan perubahan iklim dan penurunan sumber makanan. Namun, hipotesis yang baru-baru ini diajukan menyatakan bahwa megalodon kalah bersaing dengan hiu putih besar yang baru berevolusi. studi tampaknya mendukung proposisi ini. Juga sangat mungkin bahwa kombinasi beberapa faktor mungkin berperan," kata Shimada.

Para peneliti mengatakan tidak berpikir bahwa putih besar benar-benar memburu sepupunya yang lebih besar.

Penelitian ini melibatkan gigi dari 20 spesies hiu yang masih hidup dan 13 spesies fosil, yang menandakan posisi mereka dalam rantai makanan.

"Di bagian bawah rantai makanan adalah 'produsen utama' kita, yang merupakan organisme fotosintetik seperti fitoplankton yang mengubah energi matahari menjadi makanan. Di bagian atas rantai makanan adalah pemangsa puncak seperti hiu putih besar, yang tidak memiliki pemangsa kecuali hiu putih besar. manusia, sementara di antara kita memiliki herbivora, omnivora, dan karnivora tingkat rendah," kata rekan penulis studi Michael Griffiths, ahli geokimia dan paleoklimatologi di William Paterson University di New Jersey.

Hiu putih besar hari ini berburu penyu serta mamalia laut termasuk anjing laut, singa laut, lumba-lumba, lumba-lumba dan paus kecil.

Studi tersebut menunjukkan bahwa Carcharodon hastalis, yang dianggap sebagai nenek moyang langsung dari putih besar, tidak diposisikan tinggi dalam rantai makanan, kemungkinan makan umumnya pada ikan daripada mamalia laut.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut