get app
inews
Aa Read Next : Rumor, Elly Lasut-Yasti Mokoagow ke Pilgub Sulut 2024

Mensos Janji Bangun Rumah Warga Terdampak Banjir di Desa Batu Merah

Jum'at, 01 Oktober 2021 | 08:51 WIB
header img
Mensos Tri Rismaharini (kiri) saat temui korban banjir (istimewa)

BOLMONG, iNews.id –  Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berjanji akan membangun rumah bagi warga terdampak banjir bandang di Desa Batu Merah, Kecamatan Sangtombolang Kabupaten Bolaang Mongondow. Pernyataan itu disampaikan Mensos saat mengunjungi korban terdampak banjir tersebut malam tadi (Kamis 30/ 09/2021).

“Karena ini udah lama sekali. Hampir tiga minggu (warga yang belum dapat tempat tinggal). Sudah lama ingin ke sini, tapi waktunya belum bisa,” kata Mensos didampingi Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow.

Risma mengatakan, dia memertimbangkan membangun rumah warga yang masih menjadi area rawan bencana.

“Jadi tadi kita tidak berani bangunkan rumah di daerah rawan bencana. Tapi saya bersyukur, ada lahan yang disiapkan bupati-bupati dan yang aman. Nantinya juga pembangunan rumah minta bantuan pak dandim,” bebernya.

Risma juga menuturkan, akan melakukan koordinasi lintas sektoral di kementrian, untuk membahas penanganan dan bantuan pada korban banjir.

“Saya sampaikan ke ibu bupati (Yasti), saya tidak tahu seberapa cepat bantuan dan perbaikan. Tapi saya pasti koordinasikan. Yang paling penting bagaimana kita tidak ada lagi perusakan atau penebangan liar. Kita harus sama-sama memaintanance bencana,” tutup Risma.

Sekadar diketahui, dalam kunjungan mantan Wali Kota Surabaya itu, Bupati Yasti Mokoagow memperlihatkan tanggul yang jebol penyebab banjir. Kunjungan Mensos disambut  Bupati Yasti, Wakil Bupati Yanny Ronny Tuuk, Ketua DPRD Welty Komaling, Kapolres Bolmong AKBP Nova Irone Surentu, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Raja Gunung Nasution, Sekda Bolmong Tahlis Gallang serta para pimpinan OPD lainnya.

Bagi penyintas banjir, Kemensos menyiapkan bantuan berupa tenda serba guna Merah Putih 1 unit, makanan siap saji 120 paket /10 dus, makanan anak 120 paket/ 20 dus, selimut 100 lembar, kid ware 10 paket, famili kit 50 paket, foodware 5 paket, tenda gulung 100 lembar, perlengkapan dapur 35 paket matras 50 lembar, kasur lipat 20 lembar, dan beras reguler 1 ton. Total nilai bantuan di Bolaang Mongondow sebesar Rp146.772.700.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut