get app
inews
Aa Read Next : Resesi Global, PHK Karyawan Indonesia di 2023 Sulit Terelakkan! Ini Faktanya

Google Luncurkan Sejumlah Produk, Salah Satunya Kacamata Penerjemah Percakapan

Kamis, 12 Mei 2022 | 12:14 WIB
header img
Google luncurkan sejumlah produk baru. (F: Reuters)

JAKARTA, iNews.id – Google melakukan uji coba fantastis terkait kacamata penerjemah percakapan.

Dilansir Reuters, satu dekade setelah debut Google Glass, sepasang spesifikasi nubby, tampak sci-fi yang merekam apa yang dilihat pemakai tetapi menimbulkan kekhawatiran tentang privasi dan menerima nilai rendah untuk desain, unit Alphabet Inc (GOOGL.O) pada hari Rabu (10/5/2022), mempratinjau sepasang kacamata standar yang belum disebutkan namanya yang menampilkan terjemahan percakapan secara real time dan tidak menunjukkan tanda-tanda kamera.

BACA JUGA: Kalah dari Inter Milan di Final Coppa Italia, Giorgio Chiellini Umumkan Tinggalkan Juventus

Sepasang kacamata augmented-reality baru hanyalah salah satu dari beberapa produk jangka panjang yang diluncurkan Google pada konferensi pengembang Google I/O tahunan yang bertujuan menjembatani dunia nyata dan dunia digital perusahaan pencarian, Maps, dan layanan lainnya menggunakan kemajuan terbaru. dalam kecerdasan buatan.

"Apa yang sedang kami kerjakan adalah teknologi yang memungkinkan kami untuk mendobrak hambatan bahasa, melakukan penelitian bertahun-tahun di Google Terjemahan dan membawanya ke kacamata," kata Eddie Chung, direktur manajemen produk di Google, menyebut kemampuan "subtitel untuk Dunia."

BACA JUGA: Fosil Ichthyosaurus 250 Juta Tahun Ditemukan, Ini Keistimewaannya

Menjual lebih banyak perangkat keras dapat membantu Google meningkatkan laba dengan mempertahankan pengguna dalam jaringan teknologinya, di mana Google tidak harus membagi penjualan iklan dengan pembuat perangkat seperti Apple Inc (AAPL.O) dan Samsung Electronics CO (005930.KS) yang membantu mendistribusikan layanannya.

Google juga menggoda tablet yang akan diluncurkan pada 2023 dan jam tangan pintar yang akan mulai dijual akhir tahun ini, karena meluncurkan strategi untuk menawarkan sekelompok produk yang sebanding dengan Apple.

Tetapi bisnis perangkat keras Google tetap kecil, dengan pangsa pasar global di smartphone, misalnya, di bawah 1%, menurut peneliti IDC. Baru-baru ini meluncurkan penantang dalam pencarian bersama dengan penyelidikan antimonopoli yang sedang berlangsung di seluruh dunia tentang dominasi Google dalam perangkat lunak seluler dan area lain mengancam untuk membatasi kemampuan perusahaan untuk mendapatkan tenaga dalam usaha baru.

Pengungkapan kacamata baru mencerminkan kehati-hatian perusahaan yang berkembang di tengah pengawasan yang lebih besar terhadap Big Tech. Ketika Google Glass didemonstrasikan di I/O pada tahun 2012, skydivers menggunakannya untuk live streaming lompatan ke gedung San Francisco, dengan perusahaan mendapatkan izin udara khusus untuk aksi tersebut.

Kali ini, Google hanya menampilkan video prototipenya, yang menampilkan terjemahan untuk percakapan yang melibatkan Bahasa Isyarat Inggris, Mandarin, Spanyol, dan Amerika.

Itu tidak menentukan tanggal rilis atau segera mengkonfirmasi bahwa perangkat tidak memiliki kamera.

Terpisah dari gadget, Google sebelumnya mendemonstrasikan fitur yang pada akhirnya akan memungkinkan pengguna mengambil video rak toko dengan botol anggur dan meminta aplikasi pencarian untuk melakukan fungsi seperti mengidentifikasi opsi secara otomatis dari kilang anggur milik Black.

Demikian pula, pengguna akhir tahun ini akan dapat mengambil foto produk dan menemukan toko terdekat di mana tersedia.

Juga akhir tahun ini, Maps akan meluncurkan tampilan imersif untuk beberapa kota besar yang menggabungkan Street View dan gambar udara "untuk menciptakan model dunia digital yang kaya," kata Google.

Tablet ini membalikkan keputusan Google tiga tahun lalu untuk meninggalkan pembuatannya sendiri setelah penjualan yang buruk. Itu mengirim hanya 500.000 unit itu, menurut IDC.

Tablet baru ini mengikuti peningkatan minat pengguna dan diumumkan lebih awal untuk menginformasikan pembeli yang mempertimbangkan alternatif, Rick Osterloh, wakil presiden senior Google untuk perangkat dan layanan, mengatakan kepada wartawan.

Dia menambahkan bahwa Pixel Watch, yang tidak akan kompatibel dengan iPhone Apple, akan menarik pengguna yang berbeda dari perangkat dari Google Fitbit, yang terkait dengan kesehatan dan kebugaran dan diakuisisi tahun lalu seharga $ 2,1 miliar.

Di antara pengumuman lainnya, aplikasi Google Wallet yang diluncurkan kembali secara virtual akan menyimpan SIM di beberapa wilayah Amerika Serikat akhir tahun ini, mencerminkan fitur yang diluncurkan Apple untuk Arizona pada iPhone-nya pada bulan Maret.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut