get app
inews
Aa Read Next : Condong ke China, Ini Analisis Politik Luar Negeri Ferdinand Marcos Jr

Ferdinand Marcos Jr Kans Menang Pilpres Filipina

Senin, 09 Mei 2022 | 10:02 WIB
header img
Ferdinand Marcos Jr. (F: Reuters)

MANILA, iNews.id – Persaingan Ferdinand Marcos Jr dan Leni Robredo tersaji di Pemilihan presiden (Pilpres) Filipina, Senin (9/5/2022). Dalam jajak pendapat, Ferdinand Marcos Jr kans memenangi pertarungan setelah kekuasaan ayahnya 36 tahun silam digulingkan dilansir Reuters.

BACA JUGA: Prabowo dan Megawati Kian Akrab, Pengamat: Prabowo Puan Leading

Jajak pendapat menempatkan Marcos, yang dikenal sebagai "Bongbong", memimpin saingannya dengan lebih dari 30 poin persentase, setelah menduduki puncak setiap jajak pendapat tahun ini. Itu berarti Robredo akan membutuhkan lonjakan yang terlambat atau jumlah pemilih yang rendah jika dia ingin memenangkan kursi kepresidenan.

Para pemilih mulai mengantre jauh sebelum tempat pemungutan suara dibuka pada pukul 6 pagi (2200 GMT Minggu), dengan tempat-tempat pemungutan suara akan beroperasi lebih lama dari biasanya karena tindakan pencegahan COVID-19.

BACA JUGA: Menang Atas Hellas Verona, AC Milan Catat Sejarah Baru Klub

Polling ditutup jam 7 malam. dan penghitungan suara tidak resmi dapat memberikan indikasi pemenang dalam beberapa jam.

Marcos (64), tidak menampilkan platform kebijakan nyata tetapi kepresidenannya diharapkan memberikan kelanjutan dari pemimpin yang akan keluar Rodrigo Duterte, yang pendekatannya yang kejam dan kuat terbukti populer dan membantunya mengkonsolidasikan kekuasaan dengan cepat.

Robredo (57), mantan pengacara hak asasi manusia dan liberal yang setia, telah berjanji untuk meningkatkan pendidikan dan kesejahteraan, memerangi kemiskinan dan meningkatkan persaingan pasar jika terpilih.

Komisi Pemilihan Umum (Comelec) mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya belum menerima laporan tentang masalah besar di lapangan sejauh ini, tetapi ada penundaan kecil untuk pemungutan suara di beberapa daerah di provinsi selatan Cotabato dan Marawi.

"Asumsi kami semuanya berjalan baik karena sejauh ini tidak ada laporan yang tidak diinginkan dan negatif," kata Juru Bicara Comelec John Rex Laudiangco dalam jumpa pers.

Marcos memberikan suaranya di provinsi asalnya, Ilocos Norte, dan hanya berbicara sebentar dengan wartawan saat keluar.

Marcos didukung oleh dukungan banyak pemuda Filipina yang lahir setelah revolusi 1986, setelah meluncurkan serangan media sosial besar-besaran dalam kampanye optimis yang mengusung nada revisionisme historis. Baca selengkapnya

Pendukungnya dan influencer media sosial telah menolak narasi penjarahan, kronisme, dan kebrutalan di bawah darurat militer mendiang ayahnya sebagai kebohongan yang dijajakan oleh lawan, menyajikan apa yang dikatakan para pengkritiknya sebagai versi sejarah yang berbeda. Kubu Marcos telah membantah menjalankan kampanye informasi yang salah.

Meskipun jatuh dari kasih karunia, keluarga Marcos kembali dari pengasingan pada 1990-an dan sejak itu menjadi kekuatan yang kuat dalam politik Filipina, mempertahankan pengaruhnya dengan kekayaan besar dan koneksi yang luas.

Pemungutan suara juga memberikan kesempatan bagi Marcos untuk membalas kekalahannya dari Robredo dalam pemilihan wakil presiden 2016, kekalahan tipis dengan hanya 200.000 suara yang dia usahakan gagal untuk dibatalkan.

Marcos telah menghindari perdebatan dan telah berkampanye dengan pesan optimisme dan persatuan, pada hari Sabtu mengatakan kepada ratusan ribu pendukung bahwa ia memimpikan "kemenangan persatuan seluruh Filipina".

Robredo telah menjanjikan kepada para pendukungnya pendidikan, perawatan kesehatan, dan layanan publik yang lebih baik jika terpilih.

Sebuah game-changer dalam pemilihan bisa menjadi wakil presiden pasangan Sara Duterte-Carpio, putri populer presiden petahana, yang dapat mentransfer beberapa dukungan besar ayahnya ke Marcos. Presiden tidak mendukung salah satu calon.

Sekitar 65 juta orang Filipina berhak memilih untuk memutuskan pengganti Duterte setelah enam tahun berkuasa.

Juga diperebutkan sekitar 18.000 jabatan, dari kursi di senat dan kongres hingga walikota, gubernur, dan anggota dewan.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut